PLN Solo Beri Layanan Khusus untuk Peternak Ayam

republika | Nasional | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 01:01
PLN Solo Beri Layanan Khusus untuk Peternak Ayam

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- PT PLN (persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo saat ini memberikan layanan khusus untuk para peternak ayam. Layanan bernama Super Electric Cikhen itu dirancang untuk para peternak modern yang ingin meningkatkan keuntungan. Super Electric Cikhen adalah singkatan dariSolusi penggunaan energi listrik ciptakan keunggulan hasil ternak.

Manajer PT PLN UP3 Solo, Joko Hadi Widayat, mengatakan, layanan itu disediakan berawal dari permintaan salah satu pelanggan yang merupakan peternak ayam di daerah Kabupaten Sragen.

"Pelanggan itu menerapkan peternakan modern dengan konsep closed house ," kata Joko, seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis (14/10).

Sistem closed hous e merupakan sistem peternakan yang menerapkan sistem kandang yang mampu mengeluarkan kelebihan panas, uap air serta gas berbahaya dari dalam kandang sekaligus mampu memasok oksigen sehingga peternakan lebih optimal.

Selama ini, peternak tersebut mencukupi kebutuhan listrik untuk kandangnya itu menggunakan genset dan ingin beralih ke listrik PLN. Alasannya, penggunaan genset membutuhkan biaya operasional tinggi, menghasilkan polusi udara dan suara yang bising sehingga membuat ayam menjadi stres.

Menurut Joko, PLN telah melakukan pemetaan mengenai potensi yang bisa diambil dari pelayanan kepada pelanggan dari sektor peternakan. Sebelumnya, PLN UP3 Solo juga telah meluncurkan layanan pemasangan listrik untuk pertanian yang dinamakan Super Panen.

Dari hasil pemetaan tersebut, ternyata di wilayah kerja PLN UP3 Solo cukup banyak dijumpai peternakan ayam berskala besar, terutama di daerah Sragen. Sebagian telah menerapkan peternakan modern baik menggunakan sistem closed house secara penuh maupun semi closed house.

Kandang closed house tersebut menggunakan beberapa peralatan listrik di antaranya exhaust fan atau blower, evaporative cooling pad, watering system , penerangan serta kontroler yang semuanya membutuhkan tenaga listrik.

Rata-rata kandang membutuhkan listrik 3 fasa dengan daya di atas 23.000 VA. "Hal ini tentunya menjadi peluang baru bagi kami untuk memasarkan listrik," ucap Joko.

Peluang itu membuat PLN UP3 Solo semakin yakin untuk merilis layanan Super Electric Cikhen yang merupakan singkatan dari Solusi Penggunaan Energi Listrik Ciptakan Keunggulan Hasil Ternak.

Layanan Super Electric Cikhen ini telah tersedia sejak Mei lalu. Hingga saat ini sudah ada 93 peternakan yang menjadi pelanggan layanan ini dengan total daya yang tersambung mencapai 567.300 VA.

Artikel Asli