Lingard Puji Pendekatan Unik Mourinho pada Pemainnya

republika | Nasional | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 00:55
Lingard Puji Pendekatan Unik Mourinho pada Pemainnya

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sejak dipromosikan ke tim utama Manchester United pada musim 2011/2012, Jesse Lingard tercatat pernah mengemas 13 gol dan tujuh assist dalam 48 penampilan dalam satu musim ini. Catatan penampilan ini terjadi pada musim 2017/2018. Hingga kini, catatan itu masih menjadi penampilan terbaik Lingard bersama Setan Merah.

Pada saat itu, United masih ditangani oleh pelatih asal Portugal Jose Mourinho. Ditunjuk menggantikan Louis Van Gaal pada awal musim 2016/2017, Mourinho didepak United pada Desember 2018. Selama dua setengah musim menukangi United, pelatih yang kini menangani AS Roma itu mempersembahkan satu titel Liga Europa, satu trofi Piala Liga Inggris, dan mengantarkan United finis di peringkat kedua Liga Primer Inggris musim 2017/2018.

Lingard pun mengakui peran besar eks pelatih Real Madrid itu dalam keberhasilannya tampil apik di atas lapangan. Secara keseluruhan, selama United ditangani Mourinho, gelandang serang berusia 28 tahun itu mengemas 20 gol dan 11 assist dari 107 penampilan di semua ajang. Termasuk menyumbang satu gol di partai final Piala Liga Inggris pada 2017.

"Secara umum, hubungan saya dengan Jose (Mourinho) bisa dikatakan cukup baik. Dia sangat baik kepada saya. Sebelum saya mengalami cedera, dia percaya sepenuhnya kepada saya. Kami meraih trofi bersama-sama. Dia membuat saya menjadi pemenang. Dia bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saya," tulis Lingard dalam artikel di Players Tribune seperti dilansir Daily Star, Kamis (14/10).

Jebolan akademi MU itu juga memuji kemampuan unik Mourinho dalam membangun hubungan personal dengan para pemainnya. Mourino, tutur Lingard, selalu senang untuk terus terhubung dengan anak-anak asuhnya.

Lingard pun mengungkapkan momen canggung saat dirinya menerima sambungan panggilan video secara mendadak dari Mourinho. "Awalnya saya merasa aneh, karena dia tiba-tiba menghubungi saya. Dia menanyakan apa yang sedang saya lakukan. Saya menjawab, sedang bersantai televisi. Saya merasa, hal itu aneh dan lucu. Namun, sejujurnya, hal itu justru menunjukkan kepeduliannya terhadap para pemain," kata Lingard.

Berbeda saat United masih ditangani Mourinho, Lingard mengalami kesulitan untuk menembus tim inti United dalam beberapa musim terakhir. Kendati telah pulih dari cedera pada akhir tahun lalu, Lingard belum mendapatkan kepercayaan penuh dari pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer.

Namun, saat melakoni masa peminjaman di West Ham United pada paruh kedua musim lalu, Lingard kembali menemukan performa terbaiknya dengan torehan sembilan gol dari 16 laga. Performa apik, termasuk menyumbang dua gol dan satu assist buat United dari enam laga pada awal musim ini, membawa Lingard kembali dipanggil ke timnas Inggris.

Artikel Asli