Jawa Barat Juara Umum Pon XX Papua

limapagi.id | Nasional | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 00:05
Jawa Barat Juara Umum Pon XX Papua

LIMAPAGI - Kontingen Jawa Barat semakin tak terkejar dalam perolehan medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX papua Kamis, 14 Oktober 2021.

Tim Tanah Pasundan terus mendulang emas guna mengokohkan diri di puncak klasemen semenatara PON. Hingga hari ke-12 Jabar telah meraup 133 keping medali emas.

Hasil itu terpaut jauh dari Jawa Timur yang berada di peringkat kedua dengan 110 medali emas. Kontingen Jabar beberapa kali mendulang emas.

Seperti pada cabang olahraga karate nomor kata beregu putri, angkat berat, renang, atletik, loncat indah, dan angkat berat. Hasil itu membuat Jabar keluar sebagai juara umum pada PON tahun ini.

Sebelum mengunci gelar juara umum untuk kedua kalinya, Jabar sempat bersaing ketat. Mereka sukses mengalahkan dominasi Jatim dan DKI Jakarta.

Pencapaian Jabar pada PON XX Papua melahirkan sejarah baru dalam dunia olahraga Nasional. Soalnya, Jabar menjadi juara umum PON untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Sebelumnya, mereka berhasil menjadi juara umum saat menjadi tuan rumah pada PON 2016. Selain itu, ini kali kelima Jabar menjadi juara umum.

Jumlah itu masih kalah dengan catatan milik tim Ibu Kota. Pasalnya, Jakarta telah 11 kali menjadi juara PON.

Sepanjang sejarah PON hanya empat daerah yang mendominasi sebagai juara. Pertama yakni Jakarta, Jatim, Jabar, dan jateng.

Sejumlah pertandingan pada PON tahun ini sudah banyak selesai. Rencananya, ajang empat tahunan ini akan ditutup pada Jumat, 15 Oktober sore hari.

Berikut Perolehan Medali PON XX Papua Hari ke-12

Perolehan Medali PON XX Papua Hari ke-12
Artikel Asli