Surau di Anambas Buat Program Khatam Quran 1 Juz 1 Keluarga 1 Bulan, Idenya Dijempoli Bupati

Nasional | mandalapos.co.id | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 00:11
Surau di Anambas Buat Program Khatam Quran 1 Juz 1 Keluarga 1 Bulan, Idenya Dijempoli Bupati

Mandalapos.co.id, Anambas Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas melaunching program Khatam Quran Satu Juz, 1 Keluarga, 1 Bulan yang digagas oleh Surau Al-Mukhlisin, Kampung Baru, Kelurahan Tarempa, Kamis (14/10/21) malam.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengapresiasi program besutan pengurus Surau Al-Mukhlisin yang menurutnya dapat menjadi contoh bagi surau dan masjid lainnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ditemui mandalapos di tempat acara, Lurah tarempa, Syamsir, mengatakan Bupati Anambas bahkan berharap surau atau Musholla Al-Mukhlisin ini bisa ditingkatkan menjadi Masjid, karena melihat antusias warga yang belajar agama di rumah ibadah tersebut.

Syamsir juga mengapresiasi kekompakan masyarakat setempat yang bergotog royong menyumbangkan uang pribadi untuk mendanai acara tersebut.

Itu murni sumbangan masyarakat untuk sukseskan acara. Harapan saya kegiatan di mushola ini tetap dipertahankan dan dapat ditingkatkan. Dan semoga apa yang dilakukan ini bisa diikuti juga oleh mushola dan masjid di seluruh Kelurahan Tarempa atau Kecamatan Siantan, ujar Syamsir.

Ditempat yang sama, Pembina kegiatan Surau Al-Mukhlisin, Zainal, menerangkan kegiatan khatam Al-Quran rutin dilakukan setiap bulan. Sementara program khatam Quran 1 juz, 1 keluarga, 1 bulan, sudah berjalan selama 4 bulan.

Adapun dalam launching kali ini, sebut Zainal, ada 30 KK yang melakukan Khatam Quran 1 Juz per KK.

Dalam satu keluarga harus khatam 1 juz, entah itu dilakukan anak,istri, atau suami. Motivasinya pertama untuk peningkatan SDM keagamaan generasi muda, karena ini bekal untuk dunia akhirat. Selama ini pandemi anak tak sekolah dan keluyuran, makanya kita hari minggu adakan kajian dhuha untuk anak SD sampai SMA, ungkap Zainal.

Selain program khatam Quran 1 Juz per KK, Surau Al- Mukhlisin juga memiliki program Tahfiz ayat Yasin. Saat ini menurut Zainal, 5 orang telah bergabung belajar.

Dalam acara tersebut, Bupati Kepulauan Anambas juga berkesempatan menyalurkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Anambas. ***Yahya

Artikel Asli