Film Tom Cruise yang Kurang Terkenal Tapi Layak Ditonton

republika | Nasional | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 00:01
Film Tom Cruise yang Kurang Terkenal Tapi Layak Ditonton

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film-film Tom Cruise boleh jadi selalu populer dan sukses di box office . Beberapa tahun terakhir, aktor 59 tahun itu lebih dikenal sebagai pahlawan aksi yang menantang maut. Film Cruise tak pelak dinilai layaknya emas di Hollywood.

Publik pasti lebih mengenal film seperti Top Gun , The Mummy , hingga Mission Impossible . Namun siapa sangka, di balik ketenaran Cruise, dia pernah bermain di sejumlah film namun kurang terkenal atau tidak tampil baik di box office . Rata-rata film tersebut tayang pada era 1990-an.

Beberapa film itu seperti Valkyrie (2008), Magnolia (1999), Vanilla Sky (2001), The Outsiders (1983), dan The Color of Money (1986). Tetapi sebenarnya sejumlah film itu tetap layak ditonton karena menawarkan nilai dramatis tersendiri. Berikut lima film lain yang kurang dikenal, seperti dilansir di Screen Rant , Kamis (14/10):

1. Rock of Ages (2012)

photo
Film Rock of Ages. - (Warner Bros. Pictures)

Pada 2010-an, drama musikal menghasilkan popularitas secara besar-besaran. Film seperti La La Land , The Greatest Showman , dan A Star is Born , masing-masing menghasilkan lebih dari 400 juta dolar AS (Rp 5,6 triliun). Sayangnya, hal yang sama tidak didapatkan Rock of Ages , meskipun memiliki semua kualitas musikal yang bagus.

Film ini memperlihatkan pemain ansambel, lagu-lagu yang menarik, tampak glamor, dan dibintangi Tom Cruise. Tetapi film sama sekali tidak booming . Cruise belajar menyanyi untuk peran di film tersebut dan dia akhirnya menjadi hebat.

2. Far and Away (1992)

photo
Film Far and Away - (Universal Pictures)

Tom Cruise jelas terkenal karena memainkan peran sebagai agen Ethan Hunt di Mission: Impossible . Dia juga banyak membintangi film aksi besar lainnya, seperti seri Jack Reacher dan Edge of Tomorrow . Namun, hanya sedikit penggemar, terutama mereka yang berusia lebih muda, mengetahhi betapa hebatnya Cruise di genre drama.

Salah satu contoh terbaiknya adalah di Far and Away , salah satu dari dua kolaborasi dengan istrinya saat itu, Nicole Kidman. Film ini menghadirkan nuansa romantis epik dalam segala hal, penuh dengan pemandangan panorama gurun. Film mengisahkan seorang imigran Irlandia yang mencari keberuntungan di Amerika pada 1890-an. Film ini tidak pernah mendapat perhatian yang layak.

3. Legend (1985)

photo
Film Legend. - (Universal Pictures)

Tom Cruise dikenal selalu hati-hati memilih sutradara yang bekerja sama dengannya. Cruise punya andil besar dalam memilih sutradara untuk film. Dia bekerja bersama Stanley Kubrick, Ron Howard, dan banyak penulis terkenal lainnya.

Namun, Cruise mungkin bisa dianggap keliru saat menggandeng penulis fiksi ilmiah Ridley Scott untuk Legend . Film bergenre fantasi ini bisa dibilang menjadi kesalahan box office besar pertama Cruise dalam kariernya.

4. All the Right Moves (1983)

photo
Film All the Right Moves. - (20th Century Fox)

Film ini menampilkan Cruise dalam peran utama lain di awal kariernya. Dengan film olahraga yang begitu populer pada saat itu, Cruise dengan cepat memanfaatkannya dan menghadirkan kisah sepak bola Amerika. Film ini, pada kenyataannya, sukses tetapi hanya sedikit orang yang tahu tentang film tersebut.

5. Lions For Lambs (2007)

photo
Lions For Lambs - (MGM Distribution Co.)

Meskipun film box office terbesar Cruise cenderung menjadi blockbuster namun Lions For Lambs adalah drama hebat lainnya yang menampilkan aksi Cruise secara luar biasa. Yang lebih menarik adalah film tersebut dirilis pada 2007, jauh setelah masa kejayaan drama Cruise pada 1990-an.

Film tersebut adalah artefak terakhir. Film tidak hanya dibintangi oleh Cruise, tetapi juga Robert Redford dan Meryl Streep sehingga menjadikannya sebagai drama perang yang tidak berbeda dengan Born on the Fourth of July . Jika dilihat dari kekuatan bintang dan konsep film, cukup disayangkan karya ini tidak begitu terkenal atau mendapat kritikan.

Artikel Asli