Menpora Ungkap Alasan PON XX Papua Berjalan Sukses

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:15
Menpora Ungkap Alasan PON XX Papua Berjalan Sukses

LIMAPAGI - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dinilai telah berjalan lancar. Hal ini diakui oleh Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Zainudin juga mengaku bahwa PON XX ini awalnya sempat diragukan. Tetapi pada akhirnya, PON di Papua ini bisa berjalan sukses dan ia pun mengungkapkan mengapa ini bisa terjadi.

Menurutnya, kesuksesan ini datang dari Joko Widodo (Jokowi), Presiden RI, yang menyakinkan bahwa PON di Papua ini bisa berjalan. Baginya, pandemi Covid-19 seperti ini jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan acara-acar besar, salah satunya ialah PON ini.

"Di tengah-tengah keraguan, kekhawatiran, bahkan ketakutan terhadap pelaksanaan sebelum PON terlaksana, bahkan ada yang meminta ditunda atau dipindah tempatkan. Akhirnya, PON bisa berjalan lancar," kata Zainudin.

"Ini bisa berjalan karena arahan jelas dan keberanian dari Pak Presiden Joko Widodo. Beliau tetap sampaikan PON harus dilaksanakan,"

"PON ini juga menjadi tempat kita untuk belajar melaksanakan kegiatan di tengah-tengah pandemi dan seluruh kabinet diserahkan sesuai tupoksi,"

"Ada empat Menko (Menteri Koordinator) datang langsung ke Papua. Ini baru pertama kali empat Menko datang langsung. Semua gotong royong,"

"Kita keroyok bersama-sama sehingga ini bisa sukses dan memupus kekhawatiran serta keraguan yang selama ini muncul."

Semetara itu, Atal Sembiring Depari, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (Ketum PWI) Pusat, menyebut bahwa PON XX ini melahirkan empat kesuksesan.

Keempat kesuksesan itu ialah sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, dan protokol kesehatan. Zainudin pun setuju akan hal tersebut.

"Setiap penyelenggaraan multi-event ini tentu ada target-target. Saya setuju dengan empat prestasi Pak Atal itu. Walau masih satu hari lagi PON ditutup, tetapi saya bisa pastikan bahwa (kesuksesan) ini bisa tercapai," ungkap Zainudin.

Pada akhirnya PON XX Papua 2021 telah sampai di ujung acara. Ma'ruf Amin, Wakil Presiden RI, disebut akan menutup PON ini pada Jumat, 15 Oktober 2021 esok hari.

Artikel Asli