Pancasila Pemersatu Saat Pandemi

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:38
Pancasila Pemersatu Saat Pandemi

SEMARANG - Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina mengatakan Pancasila menjadi kekuatan pemersatu bangsa di tengah pandemi dengan terwujudnya saling bergotong royong mengatasi penularan virus Covid-19.

"Di tengah pandemi, kita menyaksikan Pancasila terlihat sebagai pemersatu bangsa. Saling gotong royong menangani pandemi dapat kita lihat di berbagai wilayah seluruh Indonesia," kata Rima Agristina selaku pembicara kunci dalam seminar bertajuk "Penyusunan Rekomendasi Strategis Aktualisasi Demokrasi Pancasila" secara luring dan daring dari Semarang, Kamis.

Sikap penanganan tersebut, menurut Rima, merupakan bagian dari implementasi pemahaman tentang Pancasila sebagai kekuatan pemersatu bangsa.

Pada praktiknya, bangsa Indonesia bersatu dari suatu wilayah ke wilayah lainnya melaksanakan tanggung jawab, mulai dari masyarakat yang patuh menjalankan protokol kesehatan, pemerintah yang menghadirkan kebijakan penanganan pandemi, hingga tenaga kesehatan dan aparat negara yang turun langsung ke lapangan mencegah serta mengatasi penularan virus.

Dari seminar yang diadakan atas kerja sama antara BPIP dan Universitas Semarang itu, Rima berharap rekomendasi strategis aktualisasi Demokrasi Pancasila dapat membangun Indonesia yang tangguh. Dia juga berharap, Indonesia selalu mampu melaksanakan demokrasi berdasarkan Pancasila.

Artikel Asli