Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

republika | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:24
Penyakit yang Bisa Dihindari dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Imran Agus Nurali SpKO berharap kegiatan mencuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir tidak hanya diterapkan selama pandemi Covid-19 saja. Kebiasaan baik tersebut telah terbukti dapat mencegah beberapa penyakit menular, seperti diare, typhoid, hingga hepatitis.

Kampanye CTPS ini memang semakin digencarkan ketika pandemi Covid-19 melanda dunia. Enam langkah cara mencuci tangan yang benar ditambahkan satu poin lagi.

"Kami harapkan CTPS bisa menjadi perilaku masyarakat, tidak harus pada pandemi tapi juga bisa berlangsung terus-menerus karena memang CTPS ini bisa mencegah penyakit-penyakit menular di mana Indonesia masih banyak terdapat penyakit menular," ujar dr Imran dalam webinar Hari Cuci Tangan Sedunia 2021 pada Kamis.

Enam langkah mencuci tangan pakai sabun yang dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Membasahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir.

2. Ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.

3. Gosok kedua punggung tangan secara bergantian.

4. Bersihkan jari-jari dan sela-sela jari.

5. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannya.

6. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian serta letakkan ujung jari ke telapak tangan dan kemudian gosok perlahan. Lakukan proses mencuci tangan ini minimal 20 detik.

Lalu, satu langkah lagi yang ditambahkan pada panduan cuci tangan adalah membersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan memakai handuk atau tisu.

Artikel Asli