Tak Disangka Jenderal Bintang Dua Kostrad yang Baru Saja Purnawirawan Ini Punya Putra Seorang Perwira TNI

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:11
Tak Disangka Jenderal Bintang Dua Kostrad yang Baru Saja Purnawirawan Ini Punya Putra Seorang Perwira TNI

JAKARTA - Tak disangka jenderal bintang dua Kostrad yang baru saja purnawirawan ini punya putra yang juga seorang perwira TNI. Jenderal bintang dua Kostrad yang baru saja purnawirawan itu adalah Mayjen Eka Wiharsa.

Jabatan terakhirnya adalah sebagai Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Asops Kasad). Mengutip keterangan tertulis Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Dispenad), beberapa hari yang lalu, telah digelar acara acara serah terima jabatan yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana.

Dalam acara tersebut Asisten Operasi Kasad, Mayjen TNI Eka Wiharsa, mamasuki masa pensiun dan jabatan Asisten Operasi Kasad digantikan oleh Mayjen TNI Ainurrahman.

"Mayjen TNI Purn Eka Wiharsa merupakan prajurit TNI AD yang telah banyak memiliki pengalaman diberbagai bidang dan kesatuan," kata Dispenad dalam keterangannya.

Mayjen Eka Wiharsa, kata Dispenad, mengawali karir dari Akademi Militer tahun 1986. Mayjen Wiharsa pernah menduduki beberapa jabatan penting di Angkatan Darat. Pada tahun 2018 Mayjen Eka Wiharsa pernah menjabat sebagai Gubernur Akmil. Lalu di tahun yang sama ia diberi tugas menjadi Wadankodiklatad hingga jabatan terakhir menjadi Asisten Operasi Kasad di tahun 2021.

Dan yang tak disangka, ternyata jenderal bintang dua Kostrad ini punya seorang putra yang juga seorang perwira TNI. Dilihat dari biodatanya, Mayjen Eka Wiharsa ini mempunyai dua orang anak yakni Inggil Gumilang dan Unggul Guligah. Nah, dari dua anaknya itu, satu orang anak yakni Inggil Gumilang, ternyata seorang perwira TNI. Pangkatnya sekarang adalah Letnan Dua. Letda Inggil Gumilang sendiri adalah Perwira dari kesatuan Kavaleri. Sementara sang ayah, merupakan jenderal dari kecabangan infanteri.

Mayjen Eka Wiharsa sendiri, lahir pada tanggal 11 September 1963. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1986 dari kecabangan infanteri.

Sejumlah jabatan atau posisi pernah dipegangnya. Mayjen Eka Wiharsa pernah jadi Wadanyonif Linud 501/Kostrad pada tahun 1996. Kemudian dari tahun 2001 sampai dengan 2003, ia dipercaya memegang jabatan Danyonif 600/Raider.

Selesai bertugas di Yonif 600 Raider, Mayjen Eka dapat penugasan baru untuk memegang posisi sebagai Dandim 1001/Kuala Kapuas. Ia jadi Dandim Kuala Kapuas sejak tahun 2003. Selanjutnya pada tahun 2004, ia dapat posisi baru sebagai Dandim 1007/Banjarmasin.

Pada tahun 2006, Mayjen Eka dipercaya menjadi Waasops Kaskostrad. Lalu, menjadi Danbrigif Linud 18/Trisula. Jabatan Danbrigif Linud 18/Trisula dipegangnya dari tahun 2009 sampai dengan 2010. Setelah itu ditugaskan menjadi Asops Kaskostrad yang dipegangnya sampai tahun 2011.

Dari tahun 2011 sampai dengan 2012, Mayjen Eka Wiharsa diberi mandat untuk memegang posisi Danrem 171/Praja Vita Tama. Kemudian, dapat penugasan baru sebagai Danpusdiklat Intelstrat Kodiklat TNI yang dijabatnya dari tahun 2012 sampai dengan 2013.

Di tahun 2013, Mayjen Eka Wiharsa didapuk menjadi Irrenproggar Itjenad. Tak lama setelah itu digeser untuk memegang posisi Dirbindik Akmil. Dan dari tahun 2016 sampai 2018, ia dipercaya untuk memangku jabatanDansecapaad sampai kemudian ditunjuk jadi Dirdik Kodiklat TNI AD pada tahun 2018.

Pada tahun yang sama, Mayjen Eka Wiharsa dipromosikan menjadi Gubernur Akademi Militer. Selesai bertugas jadi Gubernur Akmil, Mayjen Eka Wiharsa dapat penugasan baru. Diberi mandat untuk memegang posisi sebagai Wadankodiklatad.

Ia jadi Wadankodiklatad, dari tahun2018 sampai dengan 2021. Setelah itu ditunjuk untuk memegang posisi sebagai Asops Kasad pada tahun 2021. Kini di tahun yang sama, Mayjen Eka Wiharsa memasuki masa purna tugas.

Artikel Asli