Mahfud Bahagia, Saiful Mahdi Kumpul Lagi Bareng Keluarga

rm.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:01
Mahfud Bahagia, Saiful Mahdi Kumpul Lagi Bareng Keluarga

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terharu mendapat kiriman foto dari keluarga dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Saiful Mahdi.

Dalam foto yang dia terima pagi ini dandiunggah di akun Instagram resminya, @mohmahfudmd, nampak suasana bahagia anak dan keluarga Saiful Mahdi. Mereka tengah duduk di depan meja makan.

Senyum bahagia merekah karena akhirnya bisa sarapan dan berkumpul lagi dengan sang ayah yang sebelumnya mendekam di penjara karena terjerat kasus Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Pagi ini saya mendapat kiriman foto istimewa. Melalui Tim Media saya di Kemenko Polhukam, ibu Dian Rubianty mengirimkan foto ini. Foto bapak Saiful Mahfdi bersama ibu Dian istrinya, ditemani anak-anaknya, menikmati sarapan pagi bersama pertama kali selepas keluar dari tahanan kemarin sore, setelah mendapat amnesti dari Presiden Jokowi. Saya terharu, ikut senang, dan bersyukur, Alhamdulillah," tulis Mahfud MD dalam akun Instagram-nya @mohmahfudmd, Kamis (14/10).

Salah satu putri Saiful Mahdi dan istri Dian Rubianty juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Mahfud MD karena perjuangan amnesti yang dilakukan pemerintah terhadap ayahnya membuahkan hasil.

"Pak Mahfud terima kasih ya. Salwa udah bisa sarapan lagi bersama Ayah."

Mahfud membalas ucapan terima kasih Salwa dan keluarga Saiful Mahdi.

"Terima kasih kembali Salwa, salam hangat untuk ayah dan ibu, juga untuk saudara-saudara di Banda Aceh," tutur Mahfud.

Untuk diketahui, Saiful Mahdi sebelumnya divonis bersalah oleh majelis hakim PN Banda Aceh karena disebut bersalah dalam kasus pelanggaran Pasal 27 ayat (3) UU ITE. Karena kasasinya ditolak Mahkamah Agung (MA) yang akhirnya menguatkan putusan PN Banda Aceh, Saiful Mahdi pun dijebloskan ke dalam penjara selama 3 (tiga) bulan dan denda sebesar Rp 10 juta subsidair 1 bulan penjara. Saiful Mahdi dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh pada 2 September 2021.

Istri Saiful Mahdi Dian Rubianty memohon kepada Menko Polhukam agar sang suami bisa dibebaskan. Dialog itu dilakukan pada tanggal 21 September 2021. Usai menerima keluh kesah itu, Menko Polhukam menggelar rapat internal membahas kelanjutan upaya amnesti dan abolisi terhadap Saiful Mahdi.

Selanjutnya, pada tanggal 24 September 2021, Mahfud MD melaporkannya kepada Presiden Jokowiagar diterima amnesti untuk Saiful Mahdi. Presiden merestuinya. Sehingga tanggal 27 September 2021 surat permohonan amnesti diserahkan ke DPR untuk disetujui. Berdasarkan Pasal 14 ayat 2 UUD 1945, pemberian amnesti oleh Presiden harus disertai persetujuan DPR.

Pada 7 Oktober 2021, melalui rapat paripurna penutupan masa sidang, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengetuk palu persetujuan DPR atas ijin Amnesti Presiden Jokowi kepada Saiful Mahdi. Atas pemberian amnesti itulah, pada Jumat, 13 Oktober 2021, Saiful Mahdi akhirnya bisa keluar dari Lapas Kelas II A Banda Aceh dan bebasmurni. [ FAQ ]

Artikel Asli