Ketua Umum NU Harus Mampu Lawan Intoleran dan Radikalisme

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:01
Ketua Umum NU Harus Mampu Lawan Intoleran dan Radikalisme

KEDIRI - Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KHMarzuki Mustamar,menginginkan agar sosok yang terpilih sebagai ketua umum PB NU mendatang tetap mempunyai figur sebagai seorang pemimpin yang berani melawan intoleransi dan radikal.

"Kalau masih banyak aliran intoleransi radikal, memaksakan kehendak, lalu misalbya aliran itu masuk tetap harus ada ketua NU yang penuh untuk NKRI, berani korbankan apa pun," kata K.H. Marzuki Mustamar setelah pelantikan jajaran pengurus baru PC NU Kediri masa kidmat 2021-2026 di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo,Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengakui secara kelembagaan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timurmemutuskan mendukung Kiai Haji Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya sebagai calon ketua umum Pengurus Besar NU periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 di Lampung pada 23-25 Desember 2021.

Ia mengatakan secara umum di NU ingin selamat, yakni akidahnya selamat, lembaga selamat tidak diambil orang. Ibadah juga tetap rajin, anak-anaknya selamat tidak kurang ajar. Negara selamat tidak kena sistem yang ingin merebut NKRI dan Pancasila.

Artikel Asli