Ini Dia Sosok Jenderal Bintang Satu Intelijen yang Baru Saja Didapuk Jadi Kepala Staf Kodam Bukit Barisan

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:03
Ini Dia Sosok Jenderal Bintang Satu Intelijen yang Baru Saja Didapuk Jadi Kepala Staf Kodam Bukit Barisan

JAKARTA - Ini dia sosok jenderal bintang satu intelijen yang baru saja didapuk jadi Kepala Staf Kodam Bukit Barisan. Jenderal bintang satu intelijen yang baru saja didapuk jadi Kepala Staf Kodam Bukit Barisan adalah Brigjen TNI, Purwito Hadi Wardhono.

Mengutip keterangan tertulis dari Penerangan Kodam I Bukit Barisan, baru saja dilaksanakan upacara serah terima jabatan Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan. Acara serah terima jabatan ini dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin.

"Upacara serah terima jabatan Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan digelar di Gedung A.H Nasution. Bersamaan dengan itu juga digelar acara tradisi Korps Penerimaan dan Pelepasan di Markas Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan," kata Penerangan Kodam Bukit Barisan dalam keterangannya yang diterima Koran Jakarta , Kamis (14/10).

Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono menjadi Kepala Staf Kodam Bukit Barisan menggantikan Brigjen TNI Didied Pramudito. Brigjen Didied Pramudito selanjutnya akan menjabat sebagai Pa Sahli TK II Kasad Bidang Was Eropa dan Amerika.

Siapa Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Kepala Staf Kodam Bukit Barisan yang baru? Berikut sekelumit jejak rekamnya.

Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono, Kepala Staf Kodam Bukit Barisan yang baru lahir pada bulan Maret 1969. Ia merupakan abituren atau lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono berasal dari satuan Kavaleri.

Purwito, merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Komandan Korem 052/Wijayakrama.

Di lihat dari jejak karir militernya, Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono adalah sosok jenderal intelijen. Sebab ia pernah memegang jabatan yang berkaitan langsung dengan dunia intelijen. Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono pernah menjadi Kabagdukops Badan Intelijen Negara (BIN) DKI Jakarta dari tahun 2018 sampai dengan 2019.

Kemudian dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2020, Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono dipercaya untuk memegang jabatan sebagai Kabinda Kalimantan Utara.

Pada tahun 2020, usai selesai bertugas di BIN, Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono dapat penugasan baru untuk memegang posisi Danrem 052/Wijayakrama. Ia jadi Danrem 052/Wijayakrama sampai tahun 2021. Kini di tahun yang sama, kembali ia dapat penugasan baru untuk memegang posisi sebagai Kasdam I/Bukit Barisan.

Artikel Asli