Ketum PWI: PON XX Papua Sukses Besar

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:35
Ketum PWI: PON XX Papua Sukses Besar

LIMAPAGI - Perjalanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dinilai sukses besar, bahkan telah melahirkan empat kesuksesan, yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, dan protokol kesehatan (prokes).

Pernyataan ini disebut langsung oleh Atal Sembiring Depari, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (Ketum PWI) Pusat menjelang PON XX ini berakhir.

"Kika kita kategorikan, penyelenggaraan ini sudah ada empat kesuksesan, sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses prokes," kata Atal.

Dimulai dari sukses penyelenggaraan, Atal menyebut bahwa PON di Papua ini memang sempat diragukan. Tetapi setelah keyakinan dan niat yang ada, maka ajang multi-event olahraga ini bisa berjalan.

"Sampai hari ini, PON berjalan dengan lancar meski ada kekurangan-kekurangan. Tetapi, itu relatif kecil dan sudah diatasi oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) pusat dan PB PON," ujar Atal.

Untuk sukses prestasi, PON XX sudah melahirkan berbagai prestasi. Tidak hanya ukuran di dalam negeri, bahkan bisa sampai memecahkan rekor dunia, salah satunya lahir di cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

"Pertandingan selalu saya monitor dan berjalan lancar, bahkan berhasil memecahkan rekor PON nasional, Asia, bahkan dunia. Kemarin ada rekor dunia dipecahkan di panjat tebing," ungkap Atal.

Atal juga menyebut adanya sukses ekonomi dari digelarnya PON di Papua ini, yakni peningkatan penghasilan dari sektor keuangan masyarakat setempat.

"Saya juga beberapa hari di sana. Gairah masyarakat setempat sangat tinggi, ini luar biasa. Ekonomi masyarakat Papua, khususnya saya kira Jayapura, mereka menggeliat luar biasa. Sering saya jumpai pukul tujuh (malam) saja sudah habis," ucapnya.

Sementara itu, PON XX Papua akan berakhir pada Jumat, 15 Oktober 2021 esok hari. Atal menyebut bahwa Ma'ruf Amin, Wakil Presiden RI, yang akan menutup acara PON ini.

"PON 2021 ini insyaallah akan ditutup oleh Wapres. Ini sukses luar biasa." tuturnya.

Artikel Asli