Mantan Timses Jokowi Ada di Timsel KPU, Puan Maharani Sebut Sudah Sesuai UU

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:40
Mantan Timses Jokowi Ada di Timsel KPU, Puan Maharani Sebut Sudah Sesuai UU

LIMAPAGI - Pemerintah telah resmi mengumumkan Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Tim berisi 11 orang ini diketuai oleh Juri Ardiantoro.

Hal ini kemudian menjadi menarik dan mendapat sorotan karena Juri sebelumnya merupakan anggota Tim Sukses Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat Pemilihan Presiden 2019.

Namun, Ketua DPR, Puan Maharani, menilai komposisi Timsel ini tidak bermasalah. Menurutnya komposisi tim sudah memenuhi unsur pemerintah, akademisi dan masyarakat, serta keterwakilan perempuan, sesuai yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Mari kita sama-sama dukung dan awasi bersama kinerja Pansel KPU dan Bawaslu agar bisa bekerja dengan baik untuk publik, kata Puan, dalam keterangan resmi yang diterima Limapagi, Kamis 14 Oktober 2021.

Puan meminta Timsel menyodorkan nama-nama calon komisioner KPU-Bawaslu yang terbaik kepada Presiden. Nantinya nama-nama itu akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Parlemen.

Supaya nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang dikirim Presiden untuk fit and proper test di DPR nantinya juga yang terbaik, dan pada akhirnya DPR akan memilih yang terbaik dari terbaik, best of the best , untuk menyelenggarakan Pemilu, ujar Puan.

Menurut Politikus Patai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, seleksi nanti akan menentukan jalannya Pemilu 2024. Penyelenggara Pemilu disebut harus cakap, kredibel, berintegritas dan independen.

Oleh karenanya penyelenggaraan Pemilu yang baik harus dimulai dari seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu yang transparan dan akuntabel oleh Pansel, kata Puan.

Seperti diketahui, berikut ini susunan lengkap Tim Seleksi KPU dan Bawaslu adalah sebagai berikut.

Artikel Asli