Jokowi Kaget, Terminal Multiguna Wae Kelambu Di Labuan Bajo Ternyata Besar

rm.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:15
Jokowi Kaget, Terminal Multiguna Wae Kelambu Di Labuan Bajo Ternyata Besar

Presiden Jokowi mengaku kaget melihat Terminal Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menurutnya sangat besar.

"Saya nggak bisa bayangin, pelabuhan yang baru ini sangat besar sekali.Pikiran saya, itu sama dengan yang lama. Hanya digeser ke sini," kata Jokowi saat meresmikan terminal khusus logistik pertama di NTT, Kamis (14/10).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi pembangunan Terminal Multipurpose Wae Kelambu, yang dinilainya berlangsung cepat.

"Agustus 2020 dimulai pembangunan, hari ini selesai. Alhamdulillah," ujarnya.

Jokowi berharap, pelabuhan tersebut bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, hingga 15-20 tahun mendatang, untukmengangkut logistik dari dan menuju NTT. Khususnya, Kabupaten Manggarai.

Terminal Multiguna Wae Kelambu, Pelabuhan Labuan Bajo merupakan terminal khusus logistik pertama yang ada di NTT.

Terminal logistik tersebut dibangun sesuai arahan Presiden Jokowi, demi mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.

Konektivitas di Labuan Bajo dibenahi dengan memisahkan pelayanan pelabuhan untuk kapal penumpang wisata, dan pelayanan untuk kegiatan logistik.

Terminal Multiguna Wae Kelambu ini ditujukanuntuk melayani lalu lintas dan kegiatan bongkar muat komoditas seperti peti kemas, kargo umum, dan curah cair, sesuai Rencana Induk Pelabuhan Labuan Bajo dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 117 Tahun 2021. [HES]

Artikel Asli