7 Fakta bumbu Melange di film Dune, bikin panjang umur dan ketagihan

brilio.net | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:20
7 Fakta bumbu Melange di film Dune, bikin panjang umur dan ketagihan

Brilio.net - Film Dune yang dibintangi oleh Timothe Chalamet dan Zendaya, merupakan film yang diangkat dari novel yang sama karya Frank Herbert. Novel tersebut ditulis pada 1965 dan dalam lima sekuel. Film ini menjadi sekuel pertama dari dua sekuel yang direncanakan.

Seperti novelnya, film Dune digerakkan oleh bumbu rempah yang disebut Melange. Bumbu ini menjadi rebutan semua orang di semesta fiksi Dune karena beragam efek atau khasiat yang ditimbulkannya. Bumbu rempah tersebut membuat orang yang memakannya bisa berumur panjang hingga bisa menjadi tiket seseorang pergi ke luar angkasa. Selain itu, sebagai film yang sangat minim menggunakan CGI atau efek rekayasa komputer membuat film ini lebih terlihat nyata dari film fiksi ilmiah lainnya.

Melange terinspirasi bumbu rempah legendaris yang pernah ada. Bumbu rempah pernah menjadi salah satu komoditas yang cukup mahal pada awal abad ke-17 dan membuat banyak orang, terutama dari Eropa berkeliling dunia mencarinya dan menemukan beberapa wilayah di Asia yang menanam dan menjualnya dengan harga murah. Film Dune seolah menggambarkan imajinasi luar biasa bagaimana rempah punya khasiat dan efek yang luar biasa.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (14/10), berikut 7 fakta bumbu Melange di film Dune, rempah misterius bikin panjang umur.

1. Bumbu Melange terinspirasi dari rempah-rempah di Star Wars.

foto: imdb.com

Bumbu Melange yang ciptakan Frank Herbert terinspirasi dari film Star Wars yang juga menggunakan bumbu atau rempah fiksi sebagai salah satu poin inti cerita. Jika dalam film Dune bumbu Melange menjadi inti cerita, maka dalam Star Wars ada rempah-rempah unik yang ditambang dari asteroid Kessel yang kemudian diselundupkan untuk dapat dikonsumsi.

2. Rasa Melange seperti kayu manis.

foto: imdb.com

Salah satu detail yang diciptakan oleh Frank Herbert sebagai penulis novel adalah detail bagaimana rasanya Melange. Rempah fiksi yang ada dalam novel ini pun dimunculkan kembali dalam film dengan rasa yang mirip seperti kayu manis. Melange menjadi salah satu bumbu rempah yang sering digunakan dalam semesta Dune dan bahkan di antaranya sudah terlalu bosan karena sering mengonsumsinya.

3. Melange bisa membuat mata biru.

foto: imdb.com

Seperti halnya khasiat banyak rempah-rempah, Melange punya khasiat tersendiri dalam film ini. Melange dipercaya dapat membuat mata orang yang memakannya menjadi warna biru. Dalam film ini, akan ditampakkan mata orang-orang berwarna biru karena menyukai dan rajin mengonsumsi Melange.

4. Melange membuat orang ketagihan.

foto: imdb.com

Salah satu efek yang sering ada dalam bumbu rempah adalah efek adiktif atau rasa ketagihan. Melange membuat siapa pun yang mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup banyak akan membuat ketagihan dan bahkan ketergantungan. Karena itu, jika suatu hari terjadi kelangkaan, maka hal itu bisa menjadi hal yang berbahaya.

5. Melange berkhasiat memperpanjang umur manusia.

foto: imdb.com

Salah satu khasiat penting dari bumbu Melange bisa memperpanjang usia penggunanya. Bumbu rempah ini bisa memperlambat dan bahkan mencegah proses penuaan yang terjadi pada manusia. Dalam film Dune ini diceritakan bahwa manusia yang rajin menggunakan Melange sebagai bahan makanan ataupun sebagai relaksasi, maka khasiat umur panjang semakin jelas terasa dan bahkan bisa membuat hidup penggunanya selama berabad-abad.

6. Rempah-rempah punya peran penting bagi penyihir Bene Gesserit.

foto: imdb.com

Bene Gesserit dikenal sebagai ordo penyihir dalam film Dune yang memiliki banyak sumber daya rempah-rempah dan menjadi aset terbesar mereka. Selain itu, berkat rempah-rempah pula, ordo ini bisa membuat banyak kemajuan. Semua efek dan khasiat yang dihasilkan dari rempah Melange juga dinikmati oleh penyihir Bene Gesserit dan membuatnya berhasil meraih reputasi terkuat sebagai seorang penyihir.

7. Melange membuat orang bisa pergi ke luar angkasa.

foto: imdb.com

Film Dune merupakan film yang sangat minim menggunakan efek CGI atau rekayasa komputer lainnya. Hal ini membuat Denis Villeneuve selaku sutradara harus menyesuaikan dengan inti cerita. Karena itu, salah satu yang bisa membuat manusia dalam semesta Dune bisa pergi ke luar angkasa adalah mengonsumsi Melange dalam jumlah yang banyak.

Bumbu tersebut membuat orang yang memakannya bisa melihat pergerakan alam semesta dan bisa merencanakan jalur pesawat yang akan pergi ke luar angkasa agar terhindar dari bahaya. Tanpa mengonsumsi bumbu Melange, kemampuan tersebut tidak akan pernah ada.

 

Artikel Asli