Banyak Pengunjung Terpaksa Putar Balik

radarjogja | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 10:58
Banyak Pengunjung Terpaksa Putar Balik

RADAR JOGJA Menindaklanjuti diskresi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terkait anak di bawah usia 12 tahun ikut berwisata, Plt. General Manager (GM) Taman Wisata Candi Borobudur Jamaludin Mawardi mengaku masih menunggu kepastian dari pemerintah. Kami masih menunggu apakah pernyataan tersebut bisa dijadikan dasar atau tidak, ujar Jamal saat ditemui Kantor Taman Wisata Candi Borobudur pada kemarin (13/10).

Jamal mengatakan, pihaknya masih mengacu surat edaran dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang. Salah satunya masih melarang anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke kawasan wisata Candi Borobudur.

Menurutnya, aturan ini banyak dikeluhkan. Sebab, para pengunjung harus putar balik karena membawa anak di bawah usia 12 tahun. Setiap hari, setidaknya ada 100 orang lebih yang mengalami ini di Candi Borobudur.
Sejak uji coba wisata Candi Borobudur dibuka pada 18 September hingga 12 Oktober 2021, total pengunjung ada 14.119 yang berhasil masuk. Sedangkan yang memutar balik ada 3.895 orang. Yang anak-anak di bawah usia 12 tahun ada 1.093 dan sisanya orang dewasa karena belum vaksin atau membawa anak jadi mereka tidak ikut masuk, jelas Jamal.

Selain hal tersebut, kendala juga datang dari aplikasi PeduliLindungi. Banyak yang belum memasang aplikasi tersebut. Saat scan QR Code PeduliLindungi pun, koneksi internet sering terganggu. Bisa juga karena HP nya jadul, memori penuh, ataupun HP nya tidak bisa terinstall aplikasi PeduliLindungi, tutur Jamal.

Jadi, pihak Taman Wisata Candi Borobudur memberikan kelonggaran dengan hanya menunjukkan kartu vaksin. Ataupun dibantu dengan memeriksa nomor HP nya. Kalau sudah berwarna hijau, boleh masuk, tambahnya.

Saat di gerbang masuk pintu 1 pun, kendaraan telah difiltrasi. Gunanya untuk memeriksa ada anak di bawah usia 12 tahun atau orang dewasa yang belum vaksin. Kasus utamanya terletak pada pintu 3. Untuk kendaraan mikrobus atau bus besar.Karena kondisi gate angkasapura yang mepet, kalau ditahan, nanti akan macet, kata Jamal.

Oleh karena itu, sebelum memasuki kawasan candi, petugas akan naik ke dalam bus dan memastikan adanya anak di bawah usia 12 tahun. Jika ada, maka anak-anak tidak diperbolehkan masuk ke kawasan candi dan menunggu di tempat parkir. (cr1/din)

Artikel Asli