Studi Banding Seri Balapan Emilia-Romagna, Polda NTB Belajar Pengamanan MotoGP ke Italia

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 03:49
Studi Banding Seri Balapan Emilia-Romagna, Polda NTB Belajar Pengamanan MotoGP ke Italia

Mataram (Suara NTB) Polda NTB makin giat belajar pengamanan MotoGP. Balapan seri di Misano World Circuit Marco Simoncelli pekan depan akan dijadikan pelajaran berharga. Selain aspek keamanan, juga aspek kesehatan. Bekal ini akan dibawa untuk pengamanan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika.

Outputnya nanti tentang bagaimana SOP pengamanan, dari sana kita akan terapkan di sini, jelas Karoops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni Rabu, 13 Oktober 2021 menjelaskan perihal rencana keberangkatan studi banding pengamanan balapan kelas dunia tersebut.

Dia sedang menanti restu Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Tim yang dipimpinnya ini, yang juga menyertakan Direktur RSUD Provinsi NTB dr Lalu Herman Mahaputera bakal ke Italia selama sepekan. Sejak tanggal 18 Oktober sampai 26 Oktober.

Selama rentang waktu tersebut, bakal berlangsung balapan MotoGP seri ke-16 di Italia. Rangkaian balapan di Provinsi Rimini, Region Emilia-Romagna ini dimulai 22 Oktober dengan sesi latihan bebas, disambung dengan kualifikasi pada 23 Oktober, dan sesi balapan pada 24 Oktober.

Kita ke sana, ke Italia mempelajari bagaimana mereka mengelola pengamanan di event tersebut. Bagaimana mengelola kesehatannya makanya dr Jack (sapaan akrab) ikut melihat bagaimana penanganan apabila ada insiden kecelakaan, urainya.

Studi banding selama satu minggu ini akan dimaksimalkan. Sejumlah aspek pengamanan dipelajari sampai detil. Sebab, pengamanan di Sirkuit Mandalika yang perdana dipakai untuk ajang kelas junior Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) race lima dan enam pada 12-14 November ini.

Selanjutnya, sirkuit jalan raya yang berganti nama menjadi Pertamina Mandalika International Circuit ini tanpa jeda akan menggelar balapan seri pamungkas World Superbike 2021 pada 19-21 November. Yang juga berbarengan gelaran IATC race tujuh dan delapan.

Outputnya dari Italia nanti akan kita terapkan di sini. Pengamanan ring satu, ring dua, dan ring tiga itu bagaimana SOP-nya, bagaimana penerapannya, jelas Imam.

Untuk pengamanan IATC dan WSBK Sirkuit Mandalika sendiri, Polda NTB juga sudah menyusun rencana operasi pengamanan dengan sandi Operasi Mandalika Rinjani 2021. Polanya dengan sistem ring berjenjang dengan petugas keamanan profesional di ring satu dan dua, serta TNI-Polri di ring tiga.

Yang kita bawa ke sini nanti kita terapkan soal bagaimana koordinasi security MGPA (Mandalika Grand Prix Association) dengan kita. Semuanya ini untuk persiapan pengamanan WSBK dan MotoGP, papar Imam.

Sirkuit Mandalika juga sudah masuk kalender sementara MotoGP 2022 yang akan berlangsung dalam 21 seri. Sirkuit Mandalika menggelar MotoGP seri kedua pada 20 Maret 2022. Sirkuit Mandalika juga akan dijajal pembalap MotoGP dalam sesi tes pramusim pada 11-13 Februari 2022. (why)

Artikel Studi Banding Seri Balapan Emilia-Romagna, Polda NTB Belajar Pengamanan MotoGP ke Italia pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli