Ikut KSN Tingkat Nasional, SMAN 1 Mataram Persiapkan Lima Siswa

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 03:33
Ikut KSN Tingkat Nasional, SMAN 1 Mataram Persiapkan Lima Siswa

Mataram (Suara NTB) Siswa dan siswi SMAN 1 Mataram mengukir prestasi di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam seleksi KSN tingkat provinsi yang dilaksanakan tanggal 27 dan 28 September 2021, SMAN 1 Mataram menyertakan 15 siswa dan bersaing dengan puluhan siswa lainnya se-NTB. Hasilnya, lima siswa SMAN 1 Mataram berhasil lolos mewakili NTB ke KSN tingkat Nasional.

Lima siswa itu yaitu Natasya Hadiatullah Buhari untuk bidang lomba Astronomi, Ashifa Jasmine bidang Biologi, Wira Satriawan bidang Kebumian, Stephanie Vania Suwardi bidang Matematika, dan Joshua Putra Tedjo Kusuma bidang Matematika.

Kepala SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd. menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas prestasi tersebut. Ia menjelaskan, keberhasilan lima siswa ke KSN tingkat nasional ini merupakan buah dari kebijakan dan program pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pembina KSN. Saya mengetahui persis bagaimana kerasnya perjuangan para pembina melaksanakan tugas-tugas pembinaan, dan saya juga tahu persis bagaimanaperjuangan siswa dan siswi ini, tambahnya.

Sebagai tindak lanjut dari hasil kelima siswa tersebut, SMAN 1 Mataram segera melakukan persiapan ke tingkat nasional. Untuk itu, Kun Andrasto telah mengumpulkan dan berkoordinasi dengan para pembina bersama orang tua siswa. Hal itu dilakukan dengan maksud agar pihak sekolah dan orang tua bersama-sama mendampingi dan memantau persiapan siswa. Merespon permintaan orang tua siswa agar sekolah memberikan kebijakan dalam KBM selama persiapan, Kun Andrasto menekankan akan memberikan dispensasi waktu.

Saya akan memberikan permakluman kepada guru-guru untuk memberikan kesempatan kepada lima siswa ini melakukan persiapan optimal menuju KSN tingkat nasional, termasuk izin agar mengikuti proses pembelajaran, ulangan, atau pengumpulan tugas susulan, ujarnya saat pertemuan.

Sementara itu, berkaitan dengan proses pembinaan KSN, Koordinator Pembina KSN SMAN 1 Mataram, Sri Murni, M.Pd. menjelaskan pembinaan KSN dilakukan secara rutin dan intensif. Pembinan rutin dilakukan sekali dalam sepekan dengan melibatkan guru pembina, sedangkan pembinaan intesif dilakukan jika ada event lomba dengan melibatkan pembina dan dosen.

Jika ada kendala dalam berkaitan dengan pemenuhan jadwal pembinaan, misalnya saat siswa sedang mengukuti ulangan bersama atau sedang banyak beban tugas, jadwal pertemuan dipindahkan ke hari lain atau pertemuan dilakukan secara daring melalui zoom metting .

Kun juga menyampaikan, rasa bangga dengan prestasi siswa dan siswi Smansa Mataram ini. Apresiasi yang tinggi juga diberikannya kepada 10 siswa lainnya yang mengikuti seleksi tingkat provinsi, yaitu Ananda Adkhilny Siddika bidang lomba Astronomi, Cantika Putri Nasabila bidang Biologi, Sri Saraswati Widhisari bidang Biologi, I Nyoman Dwi Suputra Diarsa bidang Ekonomi, Wafa Nibras Vannya Khairo bidang Ekonomi, M. Taura Dwizulkarnaen bidang Geografi, Baiq Salwa Nadira Alifa bidang Geografi, Kristosi Al Ghifari bdiang Kebumian, Keira Aiko Rahmadizza bidang Kimia, dan M. Hila Raffandy bidang Matematika.

Memang selama ini pembinaan dilakukan kepada siswa-siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Olimpiade/KSN untuk sembilan bidang mata lomba yakni Matematika dibina oleh Dra. Hj. Ni Ketut Indraningrat, Biologi dibina Dra. Hj. Sri Haryani Mardiyanti, M.Pd., Kimia dibina Nurlaila, S.Pd., Kebumian dibina Dra.Sri Murni, M.Pd., Astronomi dibina Burhanuddin, S.Pd., Fisika dibina Drs. H. Pranowo Raharjo, Ekonomi dibina Masud,S.E., Geografi dibina Puteri Sophia Nur K, S.Pd., dan TIK dibina Rusdan, M.Kom. (ron)

Artikel Ikut KSN Tingkat Nasional, SMAN 1 Mataram Persiapkan Lima Siswa pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli