Pertanian Dapat DAK Hingga Rp20 Miliar, Didukung Data dan Hasil Perjuangan Bupati Dompu

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 03:30
Pertanian Dapat DAK Hingga Rp20 Miliar, Didukung Data dan Hasil Perjuangan Bupati Dompu

Dompu (Suara NTB) Sektor pertanian memperoleh dukungan dana alokasi khusus (DAK) hingga Rp20,1 M untuk tahun 2022 dan Rp13 M di antaranya untuk Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu. Ada peningkatan perolehan DAK 2022 secara signifikan yang tidak lepas dari dukungan data teknis saat pengajuan dan pendekatan oleh Bupati Dompu selama ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Ilham, SP., melalui Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Syahrul Ramadhan, SP., kepada Suara NTB mengungkapkan, untuk tahun anggaran 2022 kabupaten Dompu memperoleh DAK sektor pertanian hingga Rp20,1 M. Alokasi ini cukup besar dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Selama ini kita dapat paling Rp5 M (DAK), kata Syahrul.

Kenaikan DAK pertanian yang cukup signifikan diperoleh pemerintah Kabupaten Dompu, kata Syahrul, tidak lepas dari pendekatan yang dibangun Bupati dengan Menteri, wakil Menteri dan pejabat di pusat. Selain itu, pengajuan DAK harus melalui aplikasi Krisna di Bappeda dan Litbang. Tapi data teknisnya disiapkan oleh dinas teknis. Kehadiran kami ke Jakarta bersama Bupati kemarin, selain menghadiri undangan di Kementrian terkait program UPLLAND, juga untuk membawa data dukung yang diminta Kementrian, ungkap Syahrul.

DAK fisik tahun 2022 ini, kata Syahrul, direncanakan untuk beberapa program kegiatan fisik dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas usaha pertanian. Seperti optimalisasi infrastruktur jalan usaha tani, RJIT, bendungan, cekdam, rehab balai penyuluhan pertanian, dan lainnya. Semua pekerjaannya dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dan memperdayakan pendapatan di era pandemi Covid-19, kata Syahrul.

Secara terpisah, Plt Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP., MM., menyampaikan apresiasinya kepada pimpinan OPD yang mendapat DAK tahun 2022 berdasarkan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dalam RAPBN tahun 2022 tanggal 30 September 2021. Proses ini diawali Mei 2021 dengan pengusulan awal oleh Pemda melalui aplikasi KRISNA dengan total usulan Rp576,485 M.

Berdasarkan hasil sinkronisasi setelah melewati tahapan penyempurnaan data dukung, data teknis dan hal teknis lainnya hingga tahapan penetapan alokasi besaran anggaran oleh Kemenkeu dengan terbitnya TKDD. Berdasarkan TKDD, alokasi DAK kabupaten Dompu tahun anggaran 2022 sebesar Rp195 M. Selanjutnya, pada OktoberNovember 2021, OPD pengampu bersama kementrian dan lembagai akan menyepakati rencana kerja DAK fisik tersebut, ungkap Roni.

Syahroni berharap, tambahan alokasi DAK ini dapat mempercepat akselerasi pembangunan di Kabupaten Dompu yang pembiayaan pembangunannya yang masih terbatas. (ula/*)

Artikel Pertanian Dapat DAK Hingga Rp20 Miliar, Didukung Data dan Hasil Perjuangan Bupati Dompu pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli