Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Ingin Dirikan Partai Politik, Ini Namanya

limapagi.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:30
Eks Pegawai KPK Rasamala Aritonang Ingin Dirikan Partai Politik, Ini Namanya

LIMAPAGI - Rasamala Aritonang, salah satu dari 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipecat Firli Bahuri Cs, berencana mendirikan partai politik (parpol). Rasamala menilai, parpol merupakan salah satu wadah untuk membuat perubahan.

"Kalau mau bikin perubahan yang punya impact besar kan partai politik adalah salah satu kendaraan strategis dalam sistem demokrasi. Sementara ini kan publik banyak mengkritik parpol, jadi sebenarnya saya melihat ada peluang besar untuk membangun parpol yang bersih, berintegritas, dan akuntabel," kata Rasamala saat dikonfirmasi awak media, Rabu, 13 Oktober 2021.

Rasamala menyampaikan, saat ini dia sedang mendiskusikan hal itu dengan rekan-rekannya yang memiliki gagasan sejalan. Tak hanya itu, dia juga ingin meminta masukan dan pandangan dari tokoh-tokoh bangsa.

"Memang tantangannya tidak mudah karena syarat pendirian parpol kan memang rumit, tapi layak dicoba. Kalau bisa terwujud (Partai Serikat Pembebasan), saya yakin kita bisa memberikan dorongan lebih kuat lagi untuk perubahan dan kemajuan bagi Indonesia. Tentu syaratnya Indonesia mesti bersih dari korupsi," jelasnya.

Saat ditanyai apakah dia tertarik untuk bergabung dengan parpol yang sudah ada, Rasamala belum mau berkata banyak. Namun, dalam hal bekerja sama, semuanya bisa terjadi.

"Sementara ini gagasannya adalah membangun partai yang bersih, berintegritas dan akuntabel. Belum terpikir soal tawaran dari partai, tapi dalam konteks membangun aliansi untuk memajukan negara kan segala kemungkinan bisa saja dijajaki," tutur mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro HukumKPK ini.

Sebelumnya, 57 pegawai KPK dipecat pada 30 September 2021. Mereka dipecat karena tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK). Atas hal itu, mereka tidak bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Sejumlah eks pegawai KPK kini beralih profesi. Ada yang berjualan nasi goreng, berdagang makanan ringan, hingga menjadi peternak kambing.

Artikel Asli