Bripka M. Rosyidin Buka Dapur Umum, Sediakan Ratusan Nasi Kotak Setiap Hari

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 03:20
Bripka M. Rosyidin Buka Dapur Umum, Sediakan Ratusan Nasi Kotak Setiap Hari

Bima (Suara NTB) Seorang anggota Polres Bima Kota yakni bernama, Bripka M. Rosyidin menyulap kedai (warung makan.red) milik pribadinya menjadi dapur umum kebakaran Desa Naru Barat Kecamatan Sape.

Anggota Polisi yang menjabat Kanit Samapta Polsek Lambu ini menjadikan kedai terapung milik pribadinya tersebut untuk kegiatan dan aktivitas memasak kebutuhan korban kebakaran. Setiap hari ada sebanyak 100 sampai dengan 200 kotak nasi yang kami sediakan gratis untuk korban kebakaran, katanya kepada Suara NTB, Rabu, 13 Oktober 2021.

Selain menyediakan ratusan kotak nasi, Ia mengaku, kedai miliknya yang berada di Desa Bugis Kecamatan Sape itu juga dijadikan posko untuk menyalurkan bantuan sembako serta kebutuhan korban kebakaran lainnya. Rutinitas seperti ini sudah dari dulu kami lakukan, setiap ada bencana. Tujuannya untuk membantu dan meringankan beban warga yang menjadi korban bencana, katanya.

Yang membanggakan lagi, menu makanan yang tersedia dan biasa dijual di kedai terapung selama ini, juga akan disalurkan apabila kebutuhan makanan dapur umum di lokasi kebakaran tidak mencukupi. Kami sediakan tiga kali makanan dalam sehari untuk korban kebakaran. Jika habis, menu kedai juga akan disalurkan, katanya.

Ia mengaku, selain dari saku pribadinya, anggaran untuk kebutuhan dapur umum juga berasal dari bantuan atau donasi warga Kecamatan Sape, Lambu dan Bima yang dititipkan ke dirinya. Bantuan yang terkumpul untuk membeli bahan makanan lalu dimasak dan didistribusikan ke korban kebakaran. Begitupun bantuan barang yang dititipkan ke kami akan langsung diberikan ke korban, ujarnya.

Polisi yang akrab disapa Rosi ini mengaku, ide itu muncul karena menyadari merupakan bagian dari tugas dan kewajiban dirinya sebagai anggota Polri yang sudah bersumpah akan selalu melayani dan melindungi masyarakat. Kami ingin menunjukkan bahwa anggota Polri itu humanis dan responsif, ujarnya.

Selain itu, juga menindaklanjuti instruksi Kapolres Bima Kota AKBP, Henry Novika Chandra, S.I.K., M.H, agar seluruh anggota Polres Bima Kota membantu warga yang menjadi korban kebakaran. Sebagai anggota kami tetap menindaklanjuti arahan dan instruksi Kapolres, untuk tetap hadir ditengah-tengah korban kebakaran. Inilah yang menjadi dasar kami bergerak membantu warga, ujarnya.

Kebakaran puluhan unit rumah di Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima, menjadi banyak perhatian semua kalangan dan pihaknya, salahstunya jajaran Polres Bima Kota. Selain membangun posko Bhayangkara di lokasi kebakaran, Polres Bima Kota juga memberikan bantuan untuk meringankan beban warga yang menjadi korban kebakaran pada Senin, 11 Oktober 2021.

Bantuan yang diberikan yakni berupa paket sembako. Rinciannya beras sebanyak 1.000 Kg, air mineral gelas 150 dus, mie instan 50 dus, biskuit 720 pak serta telur ayam 3 Ikat (16 papan). Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.I.K., M.H., mengatakan bantuan paket sembako yang diberikan sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap korban kebakaran. Saat ini keluarga kita di Desa Naru Barat sangat membutuhkan uluran dan pertolongan kita semua, katanya.

Henry mengaku pihaknya tidak hanya memberikan bantuan sembako. Namun Ia juga memerintahkan bawahannya agar melaksanakan gotong royong membersihkan puing-puing atau sisa material kebakaran di lokasi. Anggota Polres Bima Kota terutama yang bertugas di Polsek Sape dan Lambu agar tetap mendampingi serta bergotong royong membantu korban kebakaran, pungkasnya. (uki)

Artikel Bripka M. Rosyidin Buka Dapur Umum, Sediakan Ratusan Nasi Kotak Setiap Hari pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli