Revitalisasi Jokteng Lor Wetan Dilanjutkan

radarjogja | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:43
Revitalisasi Jokteng Lor Wetan Dilanjutkan

RADAR JOGJA Proyek Beteng Lor Wetan terus dilanjutkan. Kemarin (13/10) bangunan yang ada adi sekitaran Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Ibu Ruswo, Kota Jogjakarta mulai dibongkar.

Sebelumnya, bangunan di sisi utara sudah selesai direvitalisasi pada tahun lalu. Kemudian dilanjutkan pada bagian sisi selatan. Sebelumnya, lokasi tersebut sempat jadi area pertokoan.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) DIJ, Kadarmanta Baskara Aji menyatakan proyek itu memang proyek lanjutan yang sudah dimulai sejak tahun lalu. Ya itu diperluas saja, yang sekarang itu kan sempat tertutup tembok, nah tembok itu digeser, kata Aji.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIJ itu juga menyatakan kota Jogjakarta ingin terus memulihkan nilai historis yang dulu sempat ada. Salah satunya ya keberadaan beteng tersebut.
Diketahui, beteng tersebut dibangun pada era Sri Sultan HB II. Bangunan tersebut sempat hancur karena adanya penyerangan dari Inggris pada tahun 1812 lalu. Peristiwa itu dikenal dengan sebutan Geger Sepehi.

Aji juga menyatakan salah satu tugas dari keistimewaan di DIJ adalah mengembalikan nilai historis suatu tempat atau wilayah. Kewajiban kami dalam program keistimewaan itu kan mengembalikan historis itu. Tapi bukan sekedar mengembalikan, tapi ya manfaat dan estetika itu yang sedang dilakukan, tandasnya. (kur/bah)

Artikel Asli