Mantap, Tiga Persen Lagi, KLU Capai Herd Immunity

lombokpost | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 09:20
Mantap, Tiga Persen Lagi, KLU Capai Herd Immunity

TANJUNG Selangkah lagi Kabupaten Lombok Utara (KLU) segera mencapai target herd immunity. Hingga saat ini tercatat capaian vaksinasi di KLU sudah mencapai 67 persen. Mudahan besok kita bisa mencapai angka 126 ribu jiwa dari target 180 ribu jiwa masyarakat Lombok Utara, ujar Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansyah, (13/10).

Berbagai upaya percepatan dilakukan untuk mencapai target tersebut. Mulai dari pola komunal atau mengumpulkan warga, vaksinasi ke sekolah, door to door, hingga bekerja sama dengan organisasi.

Dari pagi sampai jam 11 malam kita kerjakan, ujar dia.

Pihaknya bersama Dinas Kesehatan, DP2KBPMD, camat, kepala desa, kepala dusun hingga ketua RT dilibatkan. Mereka turun langsung melakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksin. Kalau herd immunity tercipta, maka berdampak baik bagi daerah, jelas dia.

Ia melanjutkan, ketika herd immunity terbentuk maka level PPKM akan menjadi rendah. Semakin rendah levelnya, maka semakin luas pergerakan masyarakat. Begitu juga dengan pariwisata KLU, otomatis bisa dibuka kembali.

Itu yang kita kejar, karena ini berkaitan dengan WSBK dan MotoGP, beber dia.

Feri menegaskan, pihaknya yakin target vaksinasi di KLU segera bisa mencapai 70 persen. Berbicara soal kendala, dia mengaku cukup banyak. Mulai dari masyarakat yang tidak mau vaksin, hingga tenaga vaksinasi yang kelelahan.

Makanya sistem komunal dan lainnya kita gunakan, kita tanya sudah vaksinasi atau belum. Kalau belum langsung kita vaksinasi, jelas dia.

Sisa yang harus dikejar 5.000 jiwa bisa tercapai dalam sehari. Karena memang target per hari kita itu 5.000 vaksinasi, tandas dia.

Terpisah, Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu mengatakan, vaksinasi merupakan upaya pemerintah memotong rantai penularan Covid-19. Minimal 70 persen dari jumlah penduduk yang ada saat ini kita kejar vaksinasinya, ujar dia.

Dia menegaskan, ikhtiar vaksinasi harus menyeluruh dilakukan semua kalangan. Sudah banyak upaya dilakukan pemda bersama stakeholder lainnya, pungkas Djohan. (fer/r9)

Artikel Asli