KH Ma`shum Sufya Sang Pendidik dari Gresik (II)

republika | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:40
KH Ma`shum Sufya Sang Pendidik dari Gresik (II)

IHRAM.CO.ID,Pondok Pesantren Ihyaul Ulum (PPIU) bukanlah pesantren pertama di Kabupaten Gresik.Sebab, sebelumnya sudah ada Pondok Pesantren Maskumambang. Pendirinya ialah guru Kiai Ma'shum Sufyan, yakni KH Faqih Abdul Jabbar.

Selain Ponpes Maskumambang, ada pula pesantren yang diasuh oleh Kiai Ahyat. Ulama itu merupakan paman Kiai Ma'shum Sufyan. Di sana pula, ia mengamalkan ilmunya dengan cara mengajar kepada para santri setempat.

Pada 1942, wilayah Kecamatan Dukun, Gresik, dilanda musibah banjir bandang. Area pondok pesantren tempat Kiai Ahyat mengajar juga ikut terdampak bencana itu. Begitu pula dengan Pondok Pesantren Maskumambang. Sejak saat itu, kedua lembaga pendidikan ini semakin menurun reputasinya.

Melihat keadaan itu, Kiai Ma'shum tak tinggal diam. Pantang baginya untuk berpatah arang. Dengan penuh tekad, dirinya mematangkan rencana untuk mendirikan sebuah pondok pesantren di sana.

Setelah berkomunikasi dengan pelbagai pihak, rencana itu lantas diwujudkan. Beberapa waktu berselang, berdirilah lembaga yang didambakan itu. Namanya ialah Pondok Pesantren Ihyaul Ulum. Dari tahun ke tahun, pesantren itu terus mengalami perkembangan, bahkan hingga kini.

Artikel Asli