SBY Pajang 54 Lukisan Karyanya di Pendopo Cikeas

rmol.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 08:32
SBY Pajang 54 Lukisan Karyanya di Pendopo Cikeas

RMOL.Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono menggelar pameran lukisan karya-karyanya di Pendopo Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Setidaknya, ada 54 lukisan karya SBY yang dipajang.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengatakan, pameran yang dihadiri keluarga dan sahabat dekat SBY ini menyajikan karya yang membawa kesan bagi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu.

"Sebagian besar adalah lukisan landscapetentang keindahan alam nusantara yang berkesan bagi sang pelukis," kata Andi Mallarangeng di akun media sosialnya, Rabu malam (13/10).

Diceritakan Andi, SBY memang menekuni dunia melukis sejak remaja. Tetapi, tidak kurang 50 tahun berlalu, barulah SBY kini aktif dan produktif melukis.

"Pak SBY baru mulai melukis sejak 5 bulan lalu. Hobbyyang pernah ditekuni pada waktu remaja terpendam selama lebih dari 50 tahun dan baru sekarang ini terluapkan secara produktif," terangnya.

Diceritakan Andi, SBY belajar secara otodidak melalui YouTube. Walau begitu, karakter goresan tangan SBY pada kanvas serta pemilihan komposisi warna pun sudah memiliki karakter yang kuat.

"Lukisan Pak SBY merupakan paduan antara naturalisme, realisme, ekpresionisme, serta ada unsur abstraknya. Cat acrylic membuat paduan antara garis dan warna pemandangan menjadi sangat berkesan," tuturnya.

Beberapa lukisan diakui sudah terjual dan dibeli kerabat yang datang. Hasil penjualan ini nantinya akan dipakai untuk membangun Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur mengenang mendiang istri SBY, Ani Yudhoyono.

"Sebagian lukisan yang digelar sudah sold. Dibeli oleh para sahabat. Mungkin besok pun sudah terjual semua. Hasilnya semuanya untuk pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur. Luar biasa Pak SBY," pungkasnya. []

Artikel Asli