Infrastruktur Penunjang WSBK Mandalika Dipastikan Rampung Pekan Ini

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 01:33
Infrastruktur Penunjang WSBK Mandalika Dipastikan Rampung Pekan Ini

PENYELESAIAN pembangunan proyek bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Mandalika sempat molor dari target akhir September lalu. Namun, infrastruktur penunjang World Superbike (WSBK) Mandalika tersebut dipastikan rampung paling lambat 15 Oktober 2021.

Kita jadwalkan paling lambat tanggal 15 sudah selesai. Itu terkendala tiang listrik di Bundaran Songgong, ujar Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., dikonfirmasi di Pendopo Gubernur, Rabu, 13 Oktober 2021.

Ia mengatakan, pekerjaan utama bypass BIZAM Mandalika telah selesai dikerjakan. Kontraktor sedang mempercepat pengerjaan bahu jalan.

Masih dirapikan, seperti pengecetan. Sebagian sudah dipasang untuk penerangan jalanny. Sisanya nanti Kementerian Perhubungan yang pasang untuk rambu lalu lintas dan fasilitas keselamatannya, kata Ridwan.

Pihaknya sudah meminta agar pemasangan lampu penerangan jalan dan fasilitas keselamatan lalu lintas bypass BIZAM Mandalika tuntas sebelum perhelatan WSBK, 19 21 November mendatang.

Kita akan tata jalur ini menjadi hijau sesuai permintaan pak Gubernur. Kita koordinasi dengan Balai Jalan Nasional, imbuhnya.

Proyek bypass BIZAM Mandalika dibagi menjadi tiga paket pekerjaan. Paket I dikerjakan oleh Nindya Bumiagung KSO dengan nilai kontrak sebesar Rp181,6 miliar lebih. Dengan panjang jalan yang dikerjakan 4,3 km.

Kemudian untuk paket II dikerjakan oleh kontrakor Adhi Metro KSO dengan nilai kontrak Rp321,73 miliar. Dengan panjang jalan yang dikerjakan 9,7 km.

Sedangkan paket III dikerjakan oleh kontraktor PT. Yasa Patria Perkasa dengan nilai kontrak sebesar Rp138,59 miliar. Dengan panjang jalan yang dikerjakan 3,363 km.

Proyek bypass BIZAM Mandalika dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020-2021 dengan biaya mencapai Rp800 miliar. Untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas, pembangunan jalan juga akan dilengkapi dengan overpass dan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Secara total, ada 12 overpass, 1 jembatan, dan 3 jembatan penyeberangan orang yang dibangun di ruas jalan ini untuk memperlancar arus lalu lintas dan memfasilitasi akses bagi warga sekitar. Keberadaan jalan bypass akan mengurangi waktu tempuh dari Bandara Internasional Lombok menuju KEK Mandalika dari yang semula 30 menit menjadi 15 menit. (nas)

Artikel Infrastruktur Penunjang WSBK Mandalika Dipastikan Rampung Pekan Ini pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli