HKEC Lombok Diikuti Atlet Triathlon 18 Negara, Pembuktian NTB Bisa Gelar Event Internasional di Tengah Pandemi

suarantb | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 01:30
HKEC Lombok Diikuti Atlet Triathlon 18 Negara, Pembuktian NTB Bisa Gelar Event Internasional di Tengah Pandemi

Mataram (Suara NTB) NTB menjadi tuan rumah penyelenggaraan event Hutama Karya Endurance Challenge (HKEC) Lombok Series, 15 17 November 2021. Olahraga triathlon tersebut diikuti 100 peserta dalam dan luar negeri. Peserta luar negeri berasal dari 18 negara di dunia dengan jumlah 40 orang. Sedangkan peserta dari dalam negeri sebanyak 60 orang.

Melalui kegiatan ini, di masa pandemi ini, NTB bisa membuktikan dapat menyelenggarakan sebuah event. Di mana pesertanya bukan saja lokal, nasional tetapi juga internasional, ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. Yusron Hadi, S.T., M.U.M., saat memberikan keterangan pers di Kantor Dispar NTB, Rabu, 13 Oktober 2021.

Yusron mengatakan, event internasional ini menjadi titik awal pemulihan dan kebangkitan pariwisata NTB. Menurutnya, NTB sudah sangat siap menerima wisatawan dari mancanegara. Apalagi di kawasan Mandalika, sebanyak 103 persen masyarakat sudah divaksin Covid-19.

Ketua Tim Fasilitasi HKEC Lombok Series yang juga Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., mengatakan, HKEC Lombok Series menjadi event pemanasan jelang World Superbike (WSBK) dan MotoGP Mandalika. Ia mengatakan, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., mendukung penuh kegiatan ini.

Acara ini akan dilakukan tahunan dan menjadi pra event MotoGP Mandalika, terangnya.

Menurutnya, HKEC Lombok Series merupakan kegiatan yang sangat strategis. Melalui kegiatan ini, NTB akan menunjukkan kepada wisatawan bahwa sektor pariwisata daerah ini sudah mulai bangkit.

Sudah ada kesepakatan dengan Direktur Operasi HK, acara ini menjadi event tahunan. Kegiatan pra event MotoGP, imbuhnya.

Ridwan yang mendampingi Direktur Operasi HK bertemu Gubernur pada Rabu, 13 Oktober 2021 siang mengatakan, dijadwalkan Gubernur akan melepas peserta di Gili Air pada Minggu, 17 Oktober 2021 mendatang. Peserta HKEC Lombok Series akan berenang sejauh 2 km dari Gili Air menuju Pantai Sire Lombok Utara.

Dari Pantai Sire Lombok Utara, peserta akan bersepeda sejauh 100 km menuju Kawasan Mandalika. Setelah sampai di Kawasan Mandalika, peserta akan berlari sejauh 21 km mengitari Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit . Sehingga, total jarak yang ditempuh peserta lomba triathlon HKEC Lombok Series sepanjang 123 km.

Ridwan memastikan, jalan sepanjang 100 km dari Pantai Sire Lombok Utara Kawasan Mandalika sudah siap jelang perhelatan event tersebut. Dikatakan, jalan bypass Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Mandalika sepanjang 17,3 km sudah siap dilalui pada Minggu, 17 Oktober 2021.

Kita tidak hanya menyelenggarakan triathlonnya. Tapi juga pelibatan UMKM. Di Mandalika, akan melibatkan UMKM. Sehingga tidak saja nuansa sportnya tapi juga nuansa penguatan UMKM kita tampilkan, terangnya.

Ketua Panitia HKEC Lombok Series, Octavianus menjelaskan awalnya kegiatan ini dilaksanakan Agustus lalu. Tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan, sehingga diundur pada bulan Oktober ini.

HKEC adalah olahraga triathlon diikuti atlet-atlet yang sudah berpengalaman. Kegiatannya kita rencanakan sepanjang 123 km, terangnya.

Dikatakan, Gubernur berharap kegiatan HKEC Lombok Series terus berlanjut tahun-tahun mendatang. Disebutkan, event internasional ini diikuti 100 atlet, baik nasional dan internasional.

Jumlah peserta yang mengikuti 100 orang. Terdiri dari 18 negara, semua yang sudah stay di Indonesia, mewakili 5 benua, ujarnya.

Octavianus mengatakan, HKEC Lombok Series merupakan kejuaraan tingkat Asia. Bahkan ke depan, HKEC Lombok Series akan dijadikan event kelas dunia. Persiapan sudah disiapkan sebaik-baiknya, hampir 100 persen. Semoga pada 15 -17 berjalan dengan baik sesuai rencana, harapnya. (nas)

Artikel HKEC Lombok Diikuti Atlet Triathlon 18 Negara, Pembuktian NTB Bisa Gelar Event Internasional di Tengah Pandemi pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli