Covid-19 Belum Ada Obatnya Netizen Dukung PPKM Jalan Terus Agar Masyarakat Sehat

rm.id | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:20
Covid-19 Belum Ada Obatnya Netizen Dukung PPKM Jalan Terus Agar Masyarakat Sehat

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai sukses menangani Covid-19. Kebijakan itu layak diperpanjang sampai virus Corona benar-benar tidak berkutik.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Alexander Ginting menegaskan, PPKM tidak boleh berhenti. Bahkan, hingga positivity rate di bawah 5 persen pun, PPKM harus terus diberlakukan.

PPKM nggak boleh berhenti, kata Alex dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP, Selasa (12/10).

Alex mengatakan, seluruh program yang dilakukan selama pandemi Covid-19 tetap dilanjutkan, meski laju penularan virus sudah menurun. PPKM diharapkan dapat menekan mobilitas penduduk.

Lebih lanjut, Alex mengatakan, seluruh pihak harus dapat mempertahankan penurunan kasus Covid-19. Supaya pemulihan ekonomi sosial dan budaya dapat berjalan sistematis dan bertanggung jawab.

Ini menjadi tanggung jawab bersama masyarakat. Yang penting adalah protokol kesehatan (prokes), bagian dari kehidupan kita dan vaksinasi sudah kita laksanakan, baik yang sekali maupun dua kali, ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, PPKM akan dihentikan bila obat Covid-19 sudah ditemukan. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda adanya obat itu.

Karenanya, Luhut meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi di tempat umum. Termasuk saat melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan transportasi darat, laut, dan udara.

Penerapan PPKM masih mendapat dukungan dari netizen. Lonjakan kasus diharapkan tidak kembali terjadi dengan adanya PPKM dan membawa Indonesia kembali sehat secepatnya.

Akun @lnfiniteAccount tidak setuju jika PPKM dihentikan di tengah penularan Covid-19 yang masih terjadi.

Kunci keberhasilan penurunan kasus virus Corona sekarang berada pada kepatuhan masyarakat menjalani PPKM, katanya.

Mohon bersabar dan tetap patuhi prokes. Ini cara kami mendukung kebijakan pemerintah atas PPKM. Tetap semangat dan salam sehat Indonesia, ujar @caesar_emil .

Akun @HarusMerahPutih mengatakan, PPKM tetap dibutuhkan untuk menekan penyebaran virus Corona dan membentuk prokes menjadi gaya hidup baru di masa pandemi. Boleh juga nih. Salut buat seluruh masyarakat yang disiplin prokes dan taat PPKM, sambung @Maya_Kusuma_ .

Panjang umur PPKM. PPKM abadi, kata @xopch . Dengan adanya PPKM, membuat Indonesia sehat. Jangan lupa tetap menjaga prokes, sambung @Hellowstrangerr .

Akun @DppOsis menilai, PPKM sebagai kebijakan yang tepat, jenius dan efektif melawan pandemi Covid-19. Sehingga, belum layak untuk dihentikan.

Selain itu upaya mendapatkan vaksin adalah bukti nyata bahwa pemerintah serius menangani pandemi, ungkapnya.

Akun @catatankaqihati mengatakan, PPKM, vaksinasi, disiplin prokes itu ikhtiar bersama untuk hadapi pandemi Covid-19. Langkah tepat ini harus didukung agar lonjakan pandemi bisa dihindari. Tetap jaga kesehatan ya genks, imbaunya.

Akun @drpriono1 mengatakan, kehati-hatian dalam pengendalian pandemi merupakan prinsip yang tidak bisa dinegosiasikan oleh siapa pun. PPKM tidak pernah berakhir, tegasnya. Lanjutkan PPKM, sambung @reno_barat .

PPKM ini sebenarnya pengingat untuk kita bahwa Covid-19 masih ada dan banyak. Kalaupun PPKM dihentikan, sesuai keinginan orang-orang, kita tidak lupa kalau Covid-19 masih ada, tutur @anggitpang .

Akun @anton_sukisno mengungkap dampak berbahaya jika PPKM dihentikan. Dia mengatakan, penyetopan PPKM akan berdampak pada euforia masyarakat dan meledaknya kembali kasus Covid-19.

Berapa biaya yang harus dibuang, berapa banyak jiwa yang akan hilang dan berapa banyak tenaga yang dibutuhkan untuk meredakannya, tuturnya.

Sementara @RendyAWicaksono mengaku keberatan jika kebijakan PPKM terus dilanjutkan. Pemberlakuan terus menerus PPKM memberatkan masyarakat menengah ke bawah, kata @agungrosidi82 .

PPKM itu aslinya tiga tahun, cuma diangsur saja biar kelihatannya nggak memberatkan, ujar @indescribableez . [ASI]

Artikel Asli