Agar Hati Menjadi Tenang

republika | Nasional | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 03:03
Agar Hati Menjadi Tenang

IHRAM.CO.ID, KAIRO-- P embimbing Akademik Mufti Mesir, Majdy Ashour mengatakan bahwa mengingat Allah (dzikrullah) membawa kedamaian dan kenyamanan di hati.

Allah SWT berfirman:

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (QS. ar-Radu: 28).

Dia menambahkan, mengingat Allah SWT ada beragam caranya. Salah satunya adalah dengan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 17 kali. Surat Al-Fatihah sendiri sudah berisi puji-puji bagi Allah, sehingga cara ini bisa menjadi satu metode menenangkan hati.

Keutamaan membaca surat Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah sudah dikenal berisi doa-doa terbaik. Al-Fatihah juga mengajarkan bagaimana cara berdoa, seperti cara meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Al-Fatihah juga dianggap sebagai ayat ruqyah bagi orang sakit, dan berisi penyembuhan bagi orang-orang, dan bukti untuk ini adalah persetujuan Nabi.

Fadilah ini juga dijelaskan dalam sabda Nabi muhammad SAW sebagai berikut:

{ } { } { }

Artinya: Itu juga merupakan dinding terbesar dari Kitab Allah SWT, telah diterima dalam keutamaan banyak hadits yang benar, termasuk apa yang diriwayatkan dari Abu Sa'eed ibn alli ra dengan dia, berkata: "Aku sedang shalat dipanggil saya Rasulullah saw tidak wajib sampai saya berdoa, dia berkata: Votih Dia berkata: Apa yang mencegah Anda datang kepada saya? Dia berkata: Aku berkata, wahai Rasulullah, bahwa aku sedang shalat. Dia berkata: Bukankah Allah Ta'ala berfirman: {Hai orang-orang yang beriman, jawablah kepada Allah dan kiamat kalian amin!} Kemudian dia berkata kepada Oalmenk Sura terbesar dalam Al-Qur'an sebelum dia lulus dari masjid, dia berkata, meraih tanganku ketika dia ingin keluar dari masjid, aku berkata: Ya Rasulullah, kamu berkata kepada Oalmenk Sura terbesar di tahun ini. Alquran, dia berkata: Ya {Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam} adalah tujuh vescico dan Alquran yang agung yang telah saya berikan kepada Anda, (HR. Muslim).

Artikel Asli