Loading...
Loading…
Muncul Sahabat LBP Luhut Tak Tergiur Nyapres

Muncul Sahabat LBP Luhut Tak Tergiur Nyapres

Nasional | rm.id | Senin, 11 Oktober 2021 - 07:30

Sekelompok orang dengan mengatasnamakan "Sahabat LBP" mendeklarasikan dukungan agar Luhut Binsar Pandjaitan maju di Pilpres 2024. Bagaimana reaksi Luhut? Menko Kemaritiman dan Investasi itu menyatakan, tidak tergiur maju nyapres.

Deklarasi Luhut for President 2024 dilakukan Sahabat LBP di Cafe Bintang, Jakarta, Sabtu (9/10). Deklarasinya dilakukan sederhana. Mereka hanya membawa beberapa kertas ukuran A3 yang berisi foto Luhut yang memakai peci. Di samping kiri atas ditulis Sahabat LBP. Di bagian kanan ada waktu dan tempat deklarasi. Sedangkan di bagian bawah ditulis, Deklarasi LBP for President 2024.

Juru Bicara Sahabat LBP, Sarjan Andesbaya mengatakan, pihaknya mendeklarasikan Luhut karena sudah banyak tokoh yang mulai mempersiapkan diri meski Pemilu masih tiga tahun lagi. Antara lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia menganggap, media sosial ketiga gubernur itu, didesain untuk kampanye 2024.

"Sejumlah tokoh politik calon presiden telah memulai sosialisasi jauh-jauh hari, baik lewat medsos seperti yang dilakukan tim medsos Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," kata Sarjan.

Bukan cuma ketiga kepala daerah itu, pejabat eksekutif maupun legislatif ikut latah. Mereka memasarkan diri dengan mengandalkan baliho atau poster besar yang dipasang di berbagai daerah. "Seperti Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, dan lain-lain," lanjutnya.

Karena itu, kata Sarjan, wajar kalau kelompoknya ikut meramaikan dengan mendorong Luhut menjadi kandidat capres 2024. Dia menegaskan, tidak ada yang meragukan kiprah Luhut di eksekutif. Tujuh tahun membantu Presiden Jokowi dengan bermacam-macam jabatan.

"Dukungan ini dilakukan Sahabat LBP setelah melihat kiprah dan prestasi Menko Luhut selama sekitar 7 tahun mendampingi Presiden Jokowi, baik di tengah situasi normal maupun di tengah situasi prihatin di tengah pandemi saat ini," ujar dia.

Dia menambahkan, deklarasi resmi ini akan dilakukan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda. "Deklarasi resmi akan lakukan persis pada saat hari sumpah pemuda 28 Oktober mendatang di Jakarta," tutup Sarjan.

Lalu, bagaimana sikap Luhut? Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, menegaskan, bosnya itu tidak berniat mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024. Seluruh deklarasi tidak ada kaitannya dengan Luhut. Luhut juga tidak pernah bertemu atau berkomunikasi dengan para relawan tersebut. "Nggak ada niat untuk nyapres," tegas Jodi, kemarin.

Jodi juga menegaskan, Luhut kini tengah fokus pada tugas-tugas yang diberikan Jokowi. Dia mencontohkan ketika Luhut berhasil menunaikan tugas sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. "Tapi, beliau tidak ambil pusing ketika kerjanya diremehkan," sebutnya.

Menurutnya, Luhut juga bukan tipe orang yang memikirkan popularitas. Luhut selalu bicara blak-blakan dan apa adanya. Sebab, Luhut memang tidak punya target apa-apa di 2024. "Ngukur diri juga lah beliau. Beliau kan nggak semua orang bisa nerima gayanya yang blak-blakan. Straight forward ," ucap Jodi.

Kemunculan sahabat LBP direspons beragam warganet. Ada yang pro dan ada yang kontra.

Akun @subhan_mars merasa aneh dengan pihak yang mengatasnamakan Sahabat LBP ini. "Sudah dibilang berkali-kali Lord Luhut itu nggak tertarik nyapres," tekannya.

Akun @Fajar_al_fakir malah mencandai. Kata dia, Luhut tidak perlu nyapres. Sebab selama ini Luhut sudah seperti Presiden. Segala pekerjaan dilakukan Luhut. "Loh bukannya Pak Luhut sudah jadi presiden, hahaha," tulisnya.

Sementara, akun @BssrDarmawan mengaku tidak mempermasalahkan siapapun capresnya. Yang terpenting, syaratnya terpenuhi. "Sah-sah saja selama syaratnya terpenuhi. Semakin banyak kompetitor semakin bagus untuk demokrasi kita," ulas dia.

Akun @Warnilis1 menimpali. "Semua punya hak yang sama, silakan mencalonkan diri jadi presiden. Nasib seseorang siapa yang tahu, siapa tahu yang komen di sini jadi presiden. Haha," tulisnya. [UMM]

Original Source

Topik Menarik