Loading...
Loading…
Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bandung Siang Ini

Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bandung Siang Ini

Nasional | republika | Senin, 11 Oktober 2021 - 06:48

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hari tanpa bayangan di Kota Bandung akan terjadi pada Senin (11/10) siang, tepatnya sekita pukul 11.36 WIB. Peristiwa tersebut diperkirakan akan berlangsung cepat, kurang lebih 2 hingga 3 menit.

"Untuk di wilayah Bandung, hari tanpa bayangan akan terjadi kulminasi (puncak tertinggi) pada tanggal 11 Oktober, pukul 11.36.19 WIB," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan pers, Ahad (10/10), malam.

Ia menjelaskan, fenomena hari tanpa bayangan terjadi saat matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit, tepatnya saat matahari berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Teguh menuturkan, fenomena hari tanpa bayangan terjadi dua kali dalam satu tahun. Fenomena tersebut di Kota Bandung terjadi setelah ekuinoks (matahari tepat berada di atas ekuator) September dan sebelum ekuinok Maret.

"Hari tanpa bayangan disebabkan karena bidang ekuator Bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berhimpit dengan bidang ekliptika (garis edar semu matahari) atau bidang revolusi bumi," kata dia.

Kondisi tersebut menyebabkan posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,4 derajat lintang Utara sampai dengan 23,4 derajat lintang Selatan. Ia menambahkan, fenomena tersebut tidak berdampak kepada apapun termasuk ke cuaca atau iklim. "Fenomena ini tidak teramati apabila cuaca mendung atau hujan," katanya.

Ia menuturkan, kondisi cuaca pada Senin (11/10) sejak dini hari hingga sore berawan. Namun pada sore berpotensi terjadi hujan ringan hingga besar. "Peluang hujan terbesar antara pukul 15.00-17.00 WIB," kata dia.

Original Source

Topik Menarik