Pelantikan dan Rakernas, Aspeksindo: Kami Harus Go International

jawapos | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:46
Pelantikan dan Rakernas, Aspeksindo: Kami Harus Go International

Jawapos.com Pelantikan pengurus Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) akan dilaksanakan pada Desember 2021 mendatang. Acara itu akan dirangkai dengan The International Conference on Maritime: Applied Science and Technology (Icomast).

Direktur Eksekutif Aspeksindo Andi Fajar Asti mengatakan, Aspeksindo harus go international. Sehingga kami berharap pengurus Aspeksindo merumuskan sebuah program yang dapat menarik investasi didaerah kepulauan dan pesisir, terangnya, Minggu (10/10).

Andi Fajar mengatakan, investasi sangat penting untuk mendorong pembangunan di sektor maritim. Ini akan menjadi fokus Aspeksindo pada rapat kerja nasional (Rakernas) nantinya, terangnya.

Menurut dia, kepengurusan periode yang lalu sudah cukup untuk penguatan kelembagaan. Sekarang saatnya Aspeksindo melakukan akselerasi program yang lebih konkrit, terutama dalam membangun ekonomi maritim.

Andi Fajar menambahkan bahwa negara -negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) akan kita undang untuk hadir dalam acara pelantikan dan rakernas.

Agar ada kemudahan akses investasi dan sharing pengalaman disektor maritim, paparnya.

Dengan demikian, lanjut Andi Fajar, Aspeksindo bisa menjawab visi besar dalam Munas II Aspeksindo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Hal itu untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim dunia.

Sebelumnya, Munas II Aspeksindo selesai digelar di Kabupaten Belitung. Wali Kota Samarinda Andi Harun terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Aspeksindo periode 2021- 2025. Dia menjadi Ketua Umum Aspeksindo menggantikan ketua umum sebelumnya Abdul Gafur Masud. Sedangkan Bupati Belitung Sahani Saleh terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aspeksindo. Sementara Bupati Kaimana Freddy Thei sebagai Bendahara Aspeksindo.

Artikel Asli