Warga Banten Didorong Tetap Optimistis di Tengah Pandemi

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:40
Warga Banten Didorong Tetap Optimistis di Tengah Pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Sebagai tulang punggung keluarga, warga masyarakat utamanya pedagang pasar dan buruh terkena imbasnya. Sudah hampir dua tahun ini dunia perekonomian di Indonesia terganggu. Tak sedikit dari mereka yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19.

Pandemi yang terjadi di Tanah Air telah mengakibatkan banyak dari para pekerj terpaksa dirumahkan bahkan menerima pemutusan hubungan kerja atau PHK. Para buruh di hampir seluruh wilayah Indonesia terkena dampak pandemi ini, seperti buruh yang kehilangan pekerjaan, pekerja yang masih bekerja dengan gaji separuh, pekerja yang terpapar Covid-19, hingga para pedagang kecil di pasar tradisional.

Untuk sedikit meringankan beban dan bangkitkan semangat masyarakat, Sahabat Ganjar bergerak melakukan giat grebek pedagang pasar tradisional dan buruh pabrik di Banten pada Ahad (10/10).

Sahabat Ganja memahami dengan kondisi dan keadaan warga dengan kemampuan ekonomi lemah. Karena itu Kami dari DPC Sahabat Ganjar Kota Serang turun langsung dari pasar ke pasar, menyapa dan memberi semangat para pedagang pasar dengan bantuan sembako bagi mereka, ungkap Asrul, Ketua DPC Sahabat Ganjar Serang.

Tentunya, para buruh dan para pedagang kecil yang bernasib kehilangan pekerjaan serta menurunnya omset dagangannya tentu harus segera mendapatkan pekerjaan baru. Walaupun pandemi Covid-19 mulai melandai, para buruh dan pedagang kecil ini harus tetap semangat, terutama untuk menafkahi keluarganya, kata Asrul.

Giat kali ini, kata dia, pihaknya menyasar kawasan Serang dan Cilegon di Provinsi Banten, yaitu para pedagang kecil di pasar tradisional Kota Serang, yaitu Pasar Petir dan Pasar Baros, dan Pasar Rau. Sedangkan untuk menyasar kaum buruh, pihaknya bergerak ke arah Cilegon dengan menyasar para buruh di Kawasan Industri di Cilegon.

Antusiasme masyarakat terlihat saat pihaknya membagikan 200 paket sembako di Pasar Baros dan 300 paket di kawasan pabrik. Salahsatunya diungkap oleh bu Dewi, pedagang cabai di pasar Petir, Banten.

Terima kasih, saya selalu pedagang merasa terbantu dengan adanya bantuan dari Relawan Sahabat Ganjar, karena saat pandemi ini pemasukan kami pedagang kecil sangat berkurang, ungkap salah satu penerima bantuan.

Humas DPP Sahabat Ganjar Indah Cahya mengungkapkan, kegiatan ini bukanlah kali pertama atau terakhir yang dilakukan oleh pihaknya.

Kami sebagai relawan pendukung Bapak Ganjar Pranowo, tidak hanya sekedar melakukan deklarasi semata. Kami juga turut melakukan aksi nyata untuk menunjukkan program-program Bapak Ganjar yang selama ini sudah diterapkan terkait ekonomi kerakyatan, kata Indah.

Artikel Asli