Support Penonton dan Logistik, Pelabuhan Gili Mas Siap untuk WSBK

lombokpost | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:19
Support Penonton dan Logistik, Pelabuhan Gili Mas Siap untuk WSBK

MATARAM-Dukungan transportasi hampir 100 persen siap untuk untuk menyukseskan event World Superbike Mandalika November hingga MotoGP Maret 2022. Setelah kesiapan Bandara Internasional Lombok, kesiapan serupa juga dipastikan dari jalur moda transportasi laut.

Secara operasional sudah sangat siap. Terminal penumpang, peti kemas, logistik dan yang lainnya siap kami layani, kata General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Lembar Baharudin kepada Lombok Post, kemarin (8/10).

Melalui Pelabuhan Lembar, transportasi penumpang dan logistik jalur Surabaya-Lombok tetap beroperasi 24 jam. Sehingga ketika event WSBK dilaksanakan, Pelindo memastikan pihaknya siap memberikan dukungan kebutuhan transportasi laut.

Selain di Pelabuhan Lembar, Pelindo juga menyiapkan terminal Gili Mas yang sudah beroperasi untuk transportasi logistik dan penumpang dari arah Banyuwangi-Lombok. Terminal yang semula disiapkan untuk kapal pesiar ini kini bisa juga dimanfaatkan untuk penyeberangan penumpang dan peti kemas. Sama seperti di Pelabuhan Lembar.

Di Terminal Gili Mas, ada tiga kapal yang beroperasi jalur Banyuwangi-Lombok. Ada Kapal Mutiara Timur, Mutiara Barat dan Mutiara Sentosa. Kalau di Pelabuhan Lembar ada DLN Oasis dan Roro, jelasnya.

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar dan Terminal Gili Mas akan memudahkan transportasi penonton kalangan domestik khususnya yang datang dari Pulau Jawa. Termasuk memfasilitasi distribusi logistik untuk semua kesiapan event WSBK dan MotoGP.

Kapasitas terminal penumpang kami di Gili Mas bisa menampung 1.300 orang per hari, ungkapnya.

Baharudin menyampaikan jika di Terminal Gili Mas memang masih ada agenda kedatangan kapal pesiar yang dijadwalkan Oktober hingga Desember. Ada enam kapal pesiar yang dijadwalkan akan datang. Namun kedatangan kapal ini belum bisa dipastikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Begitu juga kedatangan kapal pesiar dipastikan tidak akan mengganggu dukungan transportasi laut untuk pelaksanaan WSBK dan MotoGP. InsyaAllah kami siap 100 persen, tegasnya.

Dukungan untuk menyukseskan event balap internasional di Lombok ini memang datang dari banyak sisi. Seperti pembangunan akses jalan langsung bypass sepanjang 17,39 kilometer dengan lebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kemudian ada penambahan panjang lintasan runway, upgrade kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran taxiway di Bandara Internasional Lombok oleh Angkasa Pura I.

Termasuk pengembangan fasilitas kargo dan cruise oleh Pelindo III dan ASDP, dan penambahan kapasitas listrik di kawasan oleh PLN, serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika oleh DAMRI.

Kami mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak atas dukungan yang diberikan kepada kami untuk menyukseskan pagelaran WSBK November mendatang, kata Direktur ITC Abdulbar M Mansoer.

Dia menegaskan, penyelenggaraan WSBK akan menjadi triger kebangkitan pariwisata Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru, sekaligus memberikan multiplier effect bagi masyarakat lingkar kawasan, NTB, bahkan Indonesia. (ton/r6)

Artikel Asli