GM PLN UIW Sulselrabar Sampaikan Orasi Ilmiah di PNUP

rakyatku | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:02
GM PLN UIW Sulselrabar Sampaikan Orasi Ilmiah di PNUP

RAKYATKU.COM -- General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid mendapat kehormatan untuk menyampaikan Orasi Ilmiah dengan tema "Mewujudkan Alumni Kompeten dan Berakhlak Mulia Menyongsong Era Disrupsi Industri 4.0".

Orasi ini dalam rangka pelaksanaan wisuda Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ke-35 tahun 2021. Bertempat di gedung auditorium 2 PNUP.

Hadir Direktur PNUP Prof Ir Muhammad Anshar, MSi, DoP; Asisten I Setda Kolaka, Drs H Muh Bakri, MH; Ketua IKA PNUP, Ir Andi Rais Petta Paladeng; para senator PNUP; dan sivitas akademika PNUP.

Dalam orasi ilmiahnya, Awaluddin menyampaikan bahwa di era industri 4.0 ini adalah tentang transformasi digital. Internet of Things (IoT), Big Data (volume besar data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur), Artificial Intelligence (kecerdasan layaknya manusia), Cloud Computing (internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi), Addictive Manufacturing (memanfaatkan mesin pencetak 3D) dapat menjadi tantangan dan peluang bagi wisudawan PNUP.

"Di era VUCA (ketidakpastian dalam dunia bisnis) inilah PLN juga bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu kami memiliki empat pilar yaitu Green (unggul dalam pengembangan EBT), Innovative, Lean (dapat diandalkan), dan Costumer Focused (melayani pelanggan dengan kualitas dunia," tutur Awal.

"Dari empat pilar tersebut kami memiliki Core Values yaitu AKHLAK. Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif," tambah Awal.

Dari semangat transformasi itu, PLN meluncurkan aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pelanggan dalam membayar rekening listrik, membeli token, permohonan pasang baru, tambah daya, dan gangguan.

Dalam akhir orasinya Awaluddin berpesan bahwa kualitas SDM di era VUCA harus berintegritas, memiliki multi kompetensi, dan perkuat karakter tangguh, tidak mudah menyerah, tidak takut menghadapi rintangan (obstacles).

"Selalu berintegritas dan berikan yang terbaik untuk bangsa ini. Junjung tinggi AKHLAK di era Industri 4.0 ini," tutup Awal.

Salah satu lulusan terbaik PNUP, Muh Nur Hakim Sani selaku mahasiswa kelas kerja sama PLN menyampaikan rasa bangganya karena dapat menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,94.

"Saya berterima kasih atas dukungan segala pihak sehingga saya bisa menjadi lulusan terbaik. Semoga ke depannya, saya dapat berkontribusi dan memberikan yang terbaik kepada bangsa melalui PLN," jelas Hakim.

Artikel Asli