PHRI DIY: Wisatawan ke Yogya Sudah Ramai, Jangan Disetop Lagi Pakai Takut-takutin Korona

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:59
PHRI DIY: Wisatawan ke Yogya Sudah Ramai, Jangan Disetop Lagi Pakai Takut-takutin Korona

YOGYAKARTA - Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo mengemukakan data kunjungan wisata ke DIY mulai pertengahan September sudah sangat menggembirakan.

Untuk area Yogya tengah dan utara, khususnya untuk hotel bintang 3 sampai 5 pada setiap akhir pekan Jumat, Sabtu, dan Minggu, hunian sudah mencapai 80-90 persen. Namun untuk hotel bintang 2 dan non bintang baru mencapai 20-40 persen.

"Ini sudah angka yang menggembirakan mengingat benar-benar wisata Yogya lumpuh 1,5 tahun terakhir. Nah momentum ini harus dijaga, jangan disetop lagi, jangan ditakut-takutin korona, ayo dimaintance bareng. Kita tahu korona harus dikendalikan tapi bisa bareng dengan ekonomi, masyarakat sudah sadar, pelaku ekonomi juga sudah siap standar prokes," papar Deddy.

Deddy berharap tren membaik ini bisa benar-benar dijaga terutama di kebijakan yang berempati pada pelaku ekonomi wisata. Tidak ada satu pun pelaku wisata yang ingin korona tidak dikendalikan tapi di saat yang sama jangan sampai momentum baik hari ini rusak gara-gara kesalahan kebijakan pengelolaan isu dan turunannya.

"Harapannya tempat-tempat wisata khususnya di pantai-pantai Gunung Kidul dengan prokes ketat bisa dibuka kembali. Ayo buktikan pelaku wisata ini sudah siap, tinggal terus didampingi bersama," tandas Deddy.

Artikel Asli