Ini Sosok Ketum PBNU yang Diinginkan Kiai Tebuireng

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:51
Ini Sosok Ketum PBNU yang Diinginkan Kiai Tebuireng

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Muktamar Ke-34 NU di Lampung pada 23-25 Desember 2021. Karena itu, saat ini sudah mulai banyak sosok kiai yang dimunculkan untuk maju sebagai calon ketua umum PBNU, seperti KH Said Aqil Siroj dan KH Yahya Cholil Staquf.

Menjelang Muktamar NU, para kiai di Pesantren Tebuireng sendiri memiliki harapan yang besar. Mudir Mahad Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng, KH. Nur Hannan mengatakan, pada Muktamar ini pengasuh pondok pesantren Tebuireng menginginkan sosok Ketum PBNU yang tidak menjadikan NU sebagai kendaraan politik.

"Kalau dari pesantren Tebuireng, ini yang saya dengar dari pengasuh, menginginkan sosok pemimpin yang bisa membawa NU ini untuk banyak memberikan kemaslahatan pada umat. Jadi, bukan sosok pemimpin yang menjadikan NU itu sebagai kendaraan politik atau untuk mencari keuntungan pribadi atau golongan," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (10/10).

Kiai Hannan menjelaskan, pendiri Tebuireng sekaligus pendiri NU, KH Hasyim Asyari juga telah menggariskan agar NU menguatkan paham keagamaan Aswaja. Karena itu, menurut dia, hal ini juga perlu menjadi perhatian Ketum PBNU yang terpilih.

Jadi, kami ingin sosok pemimpin yang dapat melanjutkan perjuangan pendiri NU Kiai Hasyim Asy'ari ini dalam membimbing umat, dan menjaga ajaran Aswaja yang selama ini sudah digariskan oleh hadratusy syekh," ucapnya.

Artikel Asli