The Veil, Cerita Mencari Kembali Memori yang Hilang

jawapos | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 18:48
The Veil, Cerita Mencari Kembali Memori yang Hilang

Korea gagal total dalam misi spionasenya di Tiongkok. Tiga mata-mata tewas. Hanya dua jasad yang ditemukan, Han Ji-hyuk hilang tanpa jejak. Setahun berlalu, Ji-hyuk muncul. Mata-mata terbaik Korea itu kembali, tapi tanpa ingatan tentang insiden keji yang menimpanya setahun lalu.

POLISI Laut Korea berhasil menggagalkan praktik donor organ ilegal di sebuah kapal. Saat datang, para pelaku telah habis ditebas. Mereka juga mendapat temuan di luar dugaan: Han Ji-hyuk, mata-mata terbaik Korea untuk biro intelijen asing yang hilang setahun lalu. Ditemukannya Ji-hyuk langsung menggegerkan Badan Intelijen Korea (NIS). Mereka berusaha mengorek informasi tentang insiden kematian di Tiongkok yang menewaskan dua rekan Ji-hyuk.

Namun, upaya itu gagal. Ji-hyuk tak ingat apa pun terkait dengan peristiwa tragis itu. Dari hasil pemeriksaan dokter, dia mengalami gangguan memori yang dipicu penggunaan obat-obatan terlarang. Tim medis menilai, Ji-hyuk dipaksa mengonsumsi obat untuk gangguan psikologis. Hal itu membuatnya tak layak masuk jajaran agen karena kondisi mental yang tak baik.

Ji-hyuk kini ditugaskan di divisi yang menangani laporan tindak kriminal. Selain menjalankan tugas baru, dia berambisi menemukan pengkhianat yang menggagalkan misi spionase Tiongkok yang menewaskan dua temannya. Tapi, amnesia ditambah absennya dari NIS membuat posisi Ji-hyuk serbasulit. Dia diawasi banyak orang, tanpa tahu siapa kawan dan lawan.

Seo Soo-yeon benar-benar memantau Ji-hyuk. Soo-yeon memendam marah karena mantan mata-mata andal itu gagal menyelamatkan kekasihnya yang juga ditugaskan ke Tiongkok. Di divisinya, Ji-hyuk juga sering bersitegang dengan Ha Dong-kyun. Hanya Yoo Je-yi yang santai di hadapannya. Namun, sikap Je-yi pun masih patut dipertanyakan. Sebab, dia meminta ditempatkan di divisi kering. Padahal, dia adalah rekrutan baru lulusan KAIST, salah satu universitas terbaik Korea.

The Veil merupakan proyek thriller dan misteri bertempo lambat yang kaya detail. Hubungan antarkarakter penuh kejutan dan tidak tertebak. Serial yang tayang tiap Jumat-Sabtu itu dipersiapkan dengan spesial. Bujetnya tak main-main, mencapai KRW 15 miliar (Rp 179 miliar). Proyek baru itu juga merupakan bagian perayaan 60 tahun MBC. Naskah The Veil yang ditulis Park Seok-ho memenangi kontes penulisan naskah MBC pada 2018.

Namgoong Min, pemeran Han Ji-hyuk, langsung difavoritkan menyabet Daesang. Di The Veil, aktor berusia 43 tahun tersebut nyaris tak dikenali. Dia jauh dari citra polisi tengil di Awaken maupun manajer tim cekatan di Hot Stove League. Tokoh Han Ji-hyuk begitu mengintimidasi dan misterius. Namgoong Min mengaku segera melakukan latihan intens dan diet setelah masuk cast.

Aku ingin tokoh itu memiliki badan kekar dan kuat sehingga mampu mengalahkan musuhnya dengan mudah, ungkapnya. Penerima Daesang SBS Drama Awards 2020 itu menilai, sosok Ji-hyuk juga menguras emosinya. Dia menggambarkan, tokoh tersebut dikisahkan tidak mudah percaya dan selalu merasa terancam. Mempertahankan emosi itu sepanjang syuting cukup sulit, imbuh Namgoong Min.

Penulis naskah Park Seok-ho mengakui, eksekusi The Veil melebihi ekspektasinya. Dia menceritakan, setiap tokoh utama Ji-hyuk, Soo-yeon, dan Je-yi memiliki tantangan. Namun, para pemerannya mampu membawakan dengan sempurna. Aku tidak melebih-lebihkan ketika mereka berhasil menyatu dengan karakter masing-masing dan memikul beban drama ini, lanjutnya.

Sutradara Kim Sung-yong menjelaskan, tim produksi The Veil telah berusaha maksimal untuk kualitas cerita dan visual yang baik. Menurut dia, serial sepanjang 12 episode besutannya itu juga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan posisi geopolitik dan spesifikasi militernya, keberadaan agen intelijen Korea sangat penting dan sulit dibandingkan dengan negara lainnya. Namun, hal ini tidak pernah digambarkan di layar kecil, ungkapnya. Meski mengangkat agen NIS, Sung-yong yakin, The Veil tetap bisa dinikmati penonton mancanegara lantaran penuturan cerita yang menarik.

NAMGOONG MIN DAN HAN JI-HYUK

Demi mendapatkan postur tubuh besar, Namgoong Min menaikkan berat badan hingga 10 kg. Dia juga melakukan latihan khusus di gym. Di awal program latihannya, bobotnya 64 kg. Di syuting The Veil, berat badannya mencapai 78 kg.

Untuk melatih refleks dan kecekatan, dia juga melakukan latihan bela diri di hari libur syuting.

Namgoong Min menjalani diet rendah karbohidrat untuk mempercepat pembentukan otot. Dia mengaku ngidam makan makanan berbahan terigu.

Karena persiapan fisik dan mental yang intens selama 10 bulan, Namgoong Min mengaku mengalami mimpi buruk. Saat terbangun dan berkaca, otot-otot tubuhku hilang dan itu sungguh menakutkan, paparnya.

Park Ha-sun, pemeran Seo Soo-yeon, mengaku menerima tawaran karena Namgoong Min. Aku sangat ingin bekerja sama dengannya. Jadi, kesempatan ini adalah kehormatan bagiku. Aku benar-benar belajar banyak hal darinya, ungkap Ha-sun.

Kim Ji-eun yang memerankan Yoo Je-yi pernah berakting bersama Namgoong Min saat syuting Doctor Prisoner. Ji-eun menyatakan, seniornya tersebut adalah panutannya. Ketika aku bertanya tentang banyak hal, dia mendengarkannya dengan saksama dan memberiku jawaban dengan murah hati, paparnya.

Artikel Asli