Heboh Akun Menteri Tjahjo Unggah Foto Tol Cisumdawu

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 17:20
Heboh Akun Menteri Tjahjo Unggah Foto Tol Cisumdawu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jagat lini masa dihebohkan akun Twitter , @tjahjo_kumolo. Akun milik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) tersebut mengunggah foto yang mengundang ratusan orang berkomentar pada Sabtu (9/10). Mayoritas komentar warganet mengingatkan Tjahjo agar menghapus foto dengan narasi menyesatkan tersebut.

Narasi dalam foto tersebut berbunyi, "Jalan tol terkeren di Indonesia, Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung-Tegal ditempuh hanya dalam dua jam, Bandung-Semarang hanya 3,5 jam. Sebelumnya, Bandung-Tegal tanpa tol perlu ditempuh tujuh jam jika jalan lancar."

Ternyata, laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pun pernah meluruskan hoax foto Tol Cisumdawu yang beredar di dunia maya pada 2019. Kemenkominfo melabeli foto itu masuk kategori Disinformasi. Ternyata, jalan yang disebut tol di Provinsi Jawa Barat itu merupakan jalan biasa di Turki.

Berikut penjelasannya, "Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi "Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit". Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," kata Kemenkominfo.

"Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki," demikian klarifikasi Kemenkominfo.

Sementara itu, Tol Cisumdawu hingga kini masih dalam progres pembangunan. Gubernur Jabar M Ridwan Kamil menyampaikan, infrastruktur yang diprediksi dapat rampung dalam waktu dekat, salah satunya Tol Cisumdawu yang ditargetkan selesai akhir 2021.

Jalan tersebut nantinya menjadi penghubung antara Bandung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka. Dengan adanya jalan tol, sambung dia, diharapkan aktivitas penumpang di Bandara Kertajati bisa meningkat.

"Kita punya Bandara Kertajati yang memang masih belum optimal untuk bandara penumpang karena infrastruktur jalan tol dari ibu kota Jawa Barat menuju bandara yaitu Cisumdawu-nya belum selesai. Rencananya enam bulan lagi atau akhir tahun ini baru selesai," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya di Kota Bandung, Selasa (13/7) petang WIB.

Artikel Asli