Begini Bikin Demen, Jokowi Bagikan Bantuan Tunai Secara Langsung Rp 1,2 Juta per PKL di Malioboro

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 17:18
Begini Bikin Demen, Jokowi Bagikan Bantuan Tunai Secara Langsung Rp 1,2 Juta per PKL di Malioboro

YOGYAKARTA - Benar-benar hari yang membahagiakan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Yogya pada akhir pekan kemarin.

Ya, diantar Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti penyerahan secara simbolis bantuan tunai untuk satu juta Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pedagang warung kecil se-Indonesia oleh Presiden Jokowi di Jalan Ahmad Yani, Malioboro, Yogyakarta pada Sabtu (9/10).

Hadir dalam penyerahan tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Mentri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bowono X, Walikota Yogyakarta, dan penerima bantuan.

"Bantuan tunai senilai 1,2 juta rupiah ini merupakan bantuan pertama kali untuk PKL dan warung kecil dan secara simbolis saya serahkan di Malioboro dan selanjutnya diserahkan melalui TNI dan Polri," kata Jokowi.

Setelah menyerahkan bantuan pada perwakilan PKL, Jokowi pun bertanya apakah bantuan itu cukup dan bermanfaat bagi para penerima dan pertanyaan tersebut dijawab cukup oleh PKL yang menerima bantuan.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyapa dan mengunjungi para pedagang Maioboro sembari membagikan bantuan yang dilanjutkan dengan dialog sambil duduk di Pedestrian Malioboro, salah satu perwakilan PKL berharap Malioboro bisa dibuka kembali agar para pedagang bisa berdagang secara normal sehingga perokonomian keluarga bisa berjalan normal kembali.

"Pada dasarnya pemerintah mendukung tumbuhnya perekonomian masyarakat di daerah namun hal ini harus disesuaikan dengan kondisi PPKM, di mana saat ini ada satu wilayah di DIY yang masih PPKM level 3. Oleh karena itu tunggu evaluasi minggu berikutnya apakah di DIY bisa turun ke level 2," jawab Airlangga Hartarto.

Siti Khotijah (warga Umbulharjo) salah satu pedagang di Malioboro merasa gembira menerima bantuan dari Presiden dan tidak menyangka bahwa dirinya menjadi salah satu pedagang yang dikunjungi Jokowi secara langsung dan menerima bantuan tersebut. Hal senada juga disampaikan Tukinem (warga Mantrijeron) yang berjualan pakaian di Jalan Ahmad Yani Malioboro.

"Alhamdulillah saya mendapat bantuan, terima kasih pak Jokowi dan bantuan ini akan saya manfaatkan untuk kepentingan usaha dan keluarga," kata Siti.

Artikel Asli