Disebut Kandidat Ketum PBNU, Kakak Kandung Gus Baha Pilih Dukung Kiai Marzuqi Mustamar

jatimtimes.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 16:32
Disebut Kandidat Ketum PBNU, Kakak Kandung Gus Baha Pilih Dukung Kiai Marzuqi Mustamar

JATIMTIMES - Munculnya nama KH Marzuqi Mustamarsebagai kandidat Ketua Umum (ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)mendapat dukungan dari KH Nasirul Mahasin.Kakak kandung KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Bahaini memberikan dukungan kepada Kiai Marzuqi yang saat ini menjabat Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU)untuk menduduki jabatan Ketum PBNU.

"Tentu kalau ada teman kita (KH Marzuqi Mustamar, red) maju sebagai kandidat Ketua Umum seperti NU atau nanti ada ketua umum organisasi lain, pasti mendukung," ungkap KH Nasirul Mahasin kepada JatimTIMES.com, Minggu (10/10/2021).

Dukungan tersebut diberikan karena Gus Baha tidak berminat untuk majua pada bursa pemilihan ketua umum PBNU. "Saya mewakili keluarga yang jelas adik saya (Gus Baha, Red) tidak berminat untuk maju sebagai Ketua Umum PBNU," ujar Mahasin.

Sebagai perwakilan keluarga menginginkan Gus Baha lebih fokus untuk mengajar di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Lembaga Pembinaan, Pendidikan dan Pengembangan Al-Qur'an (LP3IA) Rembang, dan terus berdakwah. "Biar mengajar saja. Sekarang fokusnya memang mengajar di Ponpes di Rembang, saya sebagai kakak tentu lebih ngeboti biar di pondok lah," terang Mahasin.

Selain itu juga dikarenakan masih banyak tokoh NU yang lebih berminat untuk maju sebagai kandidat calon Ketua Umum PBNU. "Masih banyak tokoh-tokoh NU yang mau mengurus organisasi kok," imbuh Mahasin.

Lebih lanjut, terkait siapa yang akan memimpin PBNU selanjutnya pihaknya pun menyerahkan sepenuhnya kepada para ulama dan peserta Muktamar PBNU ke-34 mendatang. "Kita lihat saja nanti, soalnya belum tahu, nanti kita lihat di lapangan kayak apa," tandas Mahasin.

Untuk diketahui, pada hari Kamis (7/10/2021) lalu Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) merilis empat kiai yang menjadi kandidat Calon Ketua Umum PBNU. Salah satu nama yang muncul adalah Gus Baha.

Yakni Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar dengan raihan sebesar 24,7 persen. Kemudian Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alalllah dengan raihan sebesar 22,2 persen. Dua sosok kiai lainnya yakni Ketua Tanfidziyah PBNU KH Said Aqil Siradj yang merupakan incumbent di Muktamar PBNU ke-34 dengan perolehan 14,8 persen, serta Rais Syuriah PBNU KH Ahmad Bahauddin Nursalim sebesar 12,4 persen.

Meskipun ada nama Gus Baha, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pada hasil Muktamar PBNU ke-34 di Provinsi Lampung yang dimulai tanggal 23 Desember 2021 mendatang.

Artikel Asli