Matahari Rutin Gulirkan Donasi via Dompet Dhuafa

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 16:03
Matahari Rutin Gulirkan Donasi via Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19, mendorong berbagai pihak untuk bahu-membahu keluar dari krisis yang terjadi. Seperti PT Matahari Department Store Tbk (Matahari), yang menyalurkan donasi pelanggan melalui Dompet Dhuafa, untuk salah satu tujuan pemulihan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia.

Melalui penghimpunan yang dilakukan melalui kasir di gerai milik Matahari, terkumpul donasi pelanggan yang kemudian dibulatkan ke atas menjadi sebesar Rp280.000.000 (dua ratus delapan puluh juta rupiah). Donasi tersebut diserahkan secara simbolis di Gedung Philantrophy, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Selasa, 28 Juli 2021.

Tentunya ini bukan angka yang kecil, Matahari berharap donasi tersebut dapat membantu program penanggulangan Covid-19 khususnya pada pelayanan kesehatan untuk masyarakat maupun tenaga kesehatan seperti bantuan paket Alat Pelindung Diri (APD), bantuan tabung oksigen, bantuan obat-obatan serta alat penunjang kesehatan yang beroperasi di layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa.

Beberapa rumah sakit sudah menerima manfaat dari donasi ini di antaranya 25 tabung oksigen dan APD untuk RS Sari Asih Serang, RSUD Matraman, RS Lapangan RSIA Depok. Selanjutnya penyaluran akan diteruskan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 33 tabung oksigen pada 12 Agustus 2021. Harapannya agar distribusi kebutuhan-kebutuhan tersebut mampu merata dan tepat sasaran, kata Dian Sukma Riany selaku penanggung jawab pengumpulan dan penyaluran donasi Dompet Dhuafa, dalam rilis yang diterima Republika.co.id , Jumat (8/10).

Ia menambahkan, pada layanan Crisis Center Covid-19 Dompet Dhuafa, ada berbagai program yang digulirkan diantaranya berupa layanan ambulans 24 jam, dokter dan tenaga kesehatan, paket medical support untuk pasien isoman, dan oksigen untuk kebutuhan masyarakat. Kemudian Dompet Dhuafa mendirikan RS Lapangan di beberapa lokasi guna mendukung ketersediaan tempat perawat bagi pasien Covid-19, tuturnya.

Sukma mengatakan, masyarakat dapat mengakses layanan tersebut melalui hotline whatsapp di 0811161710. Tidak hanya itu, beberapa layanan lainnya turut digulirkan untuk kebutuhan masyarakat seperti obat-obatan berkala, pemantauan kesehatan berkala, pemusalaraan jenazah, physicological dan religi, dapur umum, dan food for dhuafa, ujarnya.

Menurut Sukma, ini bukan pertama kalinya Matahari melakukan kolaborasi bersama Dompet Dhuafa. Tahun ini merupakan tahun ke-10 Matahari bekerja sama dengan Dompet Dhuafa melalui aktivitas serupa.

Tahun 2020, Matahari berhasil menghimpun donasi dari para pelanggan dengan nilai besar untuk membantu pengentasan Covid-19 berupa APD untuk tenaga medis dan bahan pangan bagi masyarakat yang membutuhkan di kala pandemi, papar Dian.

Dian mengucakan banyak terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Matahari sebagai salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia yang selalu peka terhadap kondisi sosial masyarakat. Ia berharap, semoga dengan adanya gerakan ini menjadi pemantik bagi berbagai pihak untuk melakukan hal serupa bahkan lebih besar lagi.

Kami ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Matahari atas adanya donasi ini. Ini bukan angka yang kecil dan semoga menjadi teladan bagi berbagai pihak untuk ikut melakukan hal serupa. Kami dari Dompet Dhuafa akan senantiasa menjaga amanah dari para donatur untuk para mustahik, ucap Sukma.

Artikel Asli