Kasus Kerusuhan Yahukimo; 23 Tersangka Ditangkap

apahabar.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 15:42
Kasus Kerusuhan Yahukimo; 23 Tersangka Ditangkap

apahabar.com, JAKARTA Pascakerusuhuhan di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua yang melibatkan dua kelompok massa dari Suku Kimyal dan Suku Yali, polisi memburu para pelaku kericuhan tersebut. Terbaru, 23 tersangka ditangkap.

Dari 23 tersangka tersebut adalah Morume Keya Busup yang merupakan Kepala Suku Umum Kimyal.

Jadi sampai saat ini sudah 23 tersangka yang ditahan oleh Polres Yahukimo untuk penyelesaian kasus kekerasan di Kabupaten Yahukimo, Papua, Karo Penmas Divisi Humas Polri Polri Brigjen Rusdi Hartono, dilansir CNN Indonesia, Minggu (10/10).

Disampaikan Rusdi, saat ini pihaknya masih mendalami peran dari masing-masing tersangka. Termasuk, peran Morume selaku tersangka utama yang diduga menginisiasi terjadinya kericuhan tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh kepolisian di sana, yang bersangkutan (Morume) adalah yang menginisiasi kemudian mengumpulkan dan menggerakkan daripada kelompok-kelompok sehingga terjadi kekerasan di Yahukimo, tuturnya.

Lebih lanjut, Rusdi menuturkan Polda Papua masih melakukan pengejaran terhadap pelaku-pelaku atau daftar pencarian orang (DPO) lain yang diduga terlihat dalam peristiwa tersebut.

Sampai saat ini mungkin masih ada beberapa DPO. Kita nanti tunggu kabar dari Polda Papua, ujarnya.

Diketahui, Kericuhan di Distrik Dekai, Yahukimo, Papua terjadi pada Minggu (3/10) lalu. Insiden ini menyebabkan 41 orang luka-luka dan enam orang dipastikan meninggal dunia.

Kerusuhan berawal dari massa Suku Kimyal pimpinan Kepala Suku Morome Keya Busup dengan dua minibus dan membawa senjata tajam, seperti busur panah dan parang mendatangi masyarakat Suku Yali.

Aparat kepolisian sempat menghalau massa untuk meninggalkan lokasi. Namun, massa kembali melakukan penyerangan terhadap masyarakat Suku Yali yang berada di Hotel Nuri dan dilanjutkan dengan pembakaran gedung hotel.

Artikel Asli