Heboh Karena Surati Kapolri, Ini Profil Brigjen Junior Tumilaar

koran-jakarta.com | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 15:06
Heboh Karena Surati Kapolri, Ini Profil Brigjen Junior Tumilaar

JAKARTA - NamaBrigadir Jenderal (Brigjen) TNI Junior Tumilaar mendadak jadi sorotan publik setelah Suray terbukanya yang ditujukan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo viral di media sosial.

Dalam surat terbukanya yang ditulis tangan itu, jenderal bintang satu Angkatan Darat yang sempat menjadi Irdam Kodam Merdeka, memprotes langkah Polresta Manado yang hendak memeriksa seorang Babinsa. Menurut Brigjen Junior, Babinsa tidak perlu diperiksa di Polresta Manado. Surat itu kemudian menjadi viral di media sosial.

Akibat membuat surat terbuka itu, Brigjen Junior lantas diperiksa Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad). Dalam keterangannya, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo menyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan didapatkan adanya fakta-fakta dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Brigjen Junior.

"Perbuatan melawan hukum dimaksud adalah pelanggaran Hukum Disiplin Militer dan pelanggaran Hukum Pidana Militer sesuai Pasal 126 KUHPM dan Pasal 103 ayat (1) KUHPM," kata Letjen Chandra dalam keterangannya.

Kini, Brigjen Junior telah dicopot dari jabatannya sebagai Irdam Kodam Merdeka dan sekarang ia menjadi Staf Khusus Kasad. Siapa sebenarnya Brigjen Junior? Berikut sekelumit profil Brigjen Junior Tumilaar yang dirangkum dari berbagai sumber.

Brigjen Junior, merupakan perwira tinggi kelahiran Manado, Sulawesi Utara. Ia lahir pada tanggal 3 April 1964. Brigjen Junior tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988.

Ia dibesarkan di Korps Zeni. Beberapa jabatan pernah dipegangnya. Brigjen Junior pernah menjadi Komandan Kodim 0211/Tapanuli Tengah. Ia juga pernah menjadiDosen Utama Seskoad.

Lalu menjadiStaf Ahli Pangdam I/BB bidang Ilpengtek dan LH dari tahun 2016 sampai dengan 2017. Selanjutnya didapuk menjadi Pamen Ahli Gol. IV Ditziad Bid. Nubika pada tahun 2017.

Setelah itu ditugaskan menjadi Staf Khusus Dirziad. Pada tahun 2020, Brigjen Junior mendapat penugasan untuk memegang posisi Irdam XIII/Merdeka. Jabatan sebagai Irdam dipegangnya hingga 2021. Sampai kemudian muncul surat terbukanya yang menghebohkan itu. Kini, Brigjen Junior menempati posisi barunya sebagai Staf Khusus Kasad.

Artikel Asli