Teknik Elektro Jarang Dipilih, Meski Banyak Dibutuhkan

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 14:17
Teknik Elektro Jarang Dipilih, Meski Banyak Dibutuhkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jurusan Teknik Elektro sangat jarang untuk masuk kedalam list jurusan yang akan calon mahasiswa pilih. Namun pada kenyataannya, lulusan jurusan teknik elektro ini masih banyak dicari perusahaan.

Untuk yang belum tahu, Teknik Elektro ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Bidang ilmu ini membahas tentang ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produksi perangkat listrik dan elektronik.

Selain itu, ketika masuk jurusan ini, kita juga akan banyak belajar tentang metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi, dan metode kontrol penghematan energi. Tak kalah menariknya, kita berpeluang besar untuk menjadi seorang ahli robotik dan pencipta alat-alat IoT (Internet of Things).

Berdasarkan penjelasan diatas, kita bisa tarik kesimpulan jika memang jurusan teknik elektro ini memiliki jenjang karier yang jelas. Seiring perkembangan zaman menuju arah yang lebih baik, tentunya ahli robotik dan IoT pasti sangat dicari.

Alasan Kenapa harus Kuliah di Jurusan Teknik Elektro

Pertumbuhan infrastruktur telekomunikasi yang semakin pesat saat ini, tentu memerlukan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni. Meski saat ini, beberapa Perguruan Tinggi mulai menghadirkan jurusan Teknik Telekomunikasi, namun kebutuhan ahli Teknik Elektro di bidang ini masih tergolong tinggi.

Seseorang dengan kualifikasi pendidikan Teknik Elektro, dibutuhkan hampir di seluruh lini industri. Hal ini karena perusahaan apapun, pasti membutuhkan SDM yang mampu menangani berbagai persoalan kelistrikan dan sistem peralatan elektronik.

Lulusan Teknik Elektro banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan untuk membangun sistem distribusi tenaga listrik, kamu tak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan ini.

Selain menjadi pekerja, seorang lulusan teknik elektro juga bisa menjadi peneliti dengan melakukan eksperimen di laboratorium untuk melakukan serangkaian tes terhadap desain baru dari suatu penemuan di bidang rekayasa teknik.

Untuk sebagian besar perusahaan yang memerlukan suplai tenaga listrik besar, seperti pada industri minyak dan gas tentu sangat butuh orang dengan keahlian ini. Dan tentunya dengan gaji yang sangat besar.

Sementara itu, meskipun Bidang yang paling populer di Teknik Elektro ialah tenaga listrik (arus kuat), karena kebanyakan mengincar pekerjaan dibidang kelistrikan, namun sebenarnya proskpek kerjanya luas. Hampir seluruh industri membutuhkan sarjana lulusan Teknik Elektro, mulai dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, aerospace, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan pelayanan, juga bio engineering.

Sebagai contohnya, lulusan Teknik Elektro yang bekerja di industri telekomunikasi bisa memegang peran penting dalam melakukan kodefikasi informasi menjadi sinyal listrik. Bahkan beberapa pilihan lainnya yaitu, bisa menjadi seorang Robot Engineer, Perancang dan Teknisi Mesin, Teknisi dan Operator Pabrik, Teknisi Listrik (Electrical Engineer), Research and Development (RnD), Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC), System Analyst, bahkan seorang dosen.

Apa yang dipelajari di Teknik Elektro Selama Kuliah?

Di jurusan Teknik Elektro, kita akan belajar tentang aplikasi kelistrikan, elektronika, dan elektromagnetik. Secara umum, memang ada tiga bidang yang menjadi fokus di jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Selain ketiga bidang itu, kamu bisa juga memilih teknik sistem kendali, teknik instrumentasi, atau lainnya sesuai dengan yang fokus kajian di kampus nantinya karena akan berbeda-beda satu sama lainnya.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari selama perkuliahan antara lain Rangkaian Listrik, Medan Elektromagnetik, Mikroprosesor, Sistem Kontrol, Sistem Telekomunikasi, Teknik Digital, Bahan-bahan Listrik, Pengukuran Beban Listrik, Konversi Energi, Pengolahan Sinyal Digital, Elektronika Daya, Medan Listrik, dll. Jika kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana tentu saja bidang kajiannya akan semakin spesifik. Kamu tinggal pilih kampus yang sesuai dengan minat.

Salah satu kampus yang menyediakan jurusan Teknik Elektro adalah Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Universitas BSI membuka program studi (prodi) Teknik Elektro (S1) di Fakultas Teknik untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S1 jurusan Teknik Elektro.

Untuk kalian yang berminat daftar di Universitas BSI tidak usah ribet pergi ke kampus. Pasalnya, Universitas BSI membuka pendaftaran secara daring melalui aplikasi Android PMB UBSI yang tersedia d playstore dan melalui laman pendaftaran.bsi.ac.id (http://pendaftaran.bsi.ac.id/). Tunggu apalagi?? Yuk buruan daftar !!

Artikel Asli