Dosen Universitas BSI Beri Penyuluhan Peran Akuntansi UMKM

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 14:06
Dosen Universitas BSI Beri Penyuluhan Peran Akuntansi UMKM

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Peranan akuntansi dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), terutama UMKM yang tergabung dalam koperasi konsumen diharapkan akan naik kelas.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan penyuluhan dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dalam rangka memenuhi tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan PM dosen Prodi Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI ini, dilaksanakan secara daring, pada sabtu (9/10).

Tema pada kegiatan ini yakni Penyuluhan Tentang Peranan Akuntansi Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Pada Koperasi Konsumen UMKM Naik Kelas dengan peserta dari Koperasi Konsumen UMKM.

Amin Setio Lestiningsih, selaku ketua pelaksana mengatakan, para peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan PM ini.Pada kegiatan ini kami memberikan penyuluhan bahwa UMKM perlu memahami dan mampu membuat pencatatan transaksi akuntansi dengan menggunakan standar akuntansi untuk UMKM sehingga ekonomi mereka bisa meningkat, ujarnya, Sabtu (9/10).

Ia menyampaikan, UMKM perlu mempunyai pencatatan transaksi akuntansi yang mengacu pada standar akuntansi untuk UMKM. Karena saat ini, banyak sekali yang belum melaksanakan pencatatan akuntansi secara benar, mereka menganggap bahwa tidak perlu melakukan pencatatan transaksi akuntansi berdasarkan standar akuntansi untuk UMKM, yang penting mereka tahu berapa jumlah uang yang masuk dan berapa jumlah uang yang keluar.

Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi, para pelaku UMKM bisa dimulai dari memperbaiki pencatatan transaksi akuntansi, yang mengacu pada standar akuntansi untuk UMKM bukan sekedar mencatat berapa jumlah uang yang masuk dan berapa jumlah uang yang keluar, ungkapnya.

Ia pun berharap, dengan diadakannya penyuluhan ini, dapat membawa perubahan cara pandang para pelaku UMKM yang tergabung di Koperasi Konsumen UMKM Naik Kelas bahwa mereka tidak boleh menganggap sepele peranan akuntansi. Karena dengan dilaksanakan transaksi akuntansi, yang mengacu pada standar akuntansi untuk UMKM, diharapkan akan adanya perbaikan ekonomi di UMKM itu sendiri.

Semoga melalui kegiatan PM yang telah dilaksanakan oleh dosen-dosen Universitas BSI terutama dari prodi Akuntansi (S1) ini dapat bermanfaat bagi peserta dan menambah wawasan serta mengubah cara pandang para pelaku UMKM agar usaha yang dijalankan semakin berkembang dengan baik, harapnya.

Sementara itu, Suwanda, salah satu peserta yang berasal dari Koperasi UMKM Naik Kelas mengatakan, kegiatan PM ini mampu mengubah cara pandangnya yang selama ini belum memahami bahwa akuntansi tersebut ternyata tidak bisa dipisahkan dari dunia usaha.

Kami berharap, semoga di lain hari dosen-dosen Universitas BSI bisa mengadakan lanjutan dari kegiatan ini. Terima Kasih atas segala ilmu dan pengetahuan yang telah disampaikan kepada kami, tutupnya.

Artikel Asli