Senin Besok, BEM SI dan Peternak Ayam Bakal Geruduk Jakarta

wartaekonomi | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:34
Senin Besok, BEM SI dan Peternak Ayam Bakal Geruduk Jakarta

Gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Indonesia (BEM SI) Kerakyatan dan peternak akan menggelar aksi gabungan secara damai di Taman Aspirasi Monas dan DPR RI pada Senin, 11 Oktober 2021.

Aksi tersebut untuk menuntut Pemerintah memberikan keadilan bagi para peternak ayam mandiri, yang selalu dihantui oleh ancaman monopoli perusahaan besar (korporasi) dan fluktuasi harga rugi.

Koordinator Lapangan dari UNPAD Firdaus Susanto mengatakan, berdasarkan kasus polemik perunggasan nasional selama 12 tahun terakhir, pengesahan UU Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, telah melegitimasi kuasa penuh untuk korporasi atau perusahaan integrasi yang kemudian memonopoli sektor perunggasan nasional.

"Hal itu berdampak pada hancurnya peternak rakyat mandiri, kami menimbang kronologi dan analisis peristiwa yang terjadi terhadap polemik perunggasan, menunjukan absennya negara dalam melindungi peternak rakyat mandiri," kata Firdaus dalam keterangan resminya, Minggu (10/10/2021).

Ketegasan bersama juga disampaikan Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra, pihaknya akan bersama peternak ayam turun ke jalan untuk menuntut kedaulatan pangan dan menuntut keberpihakan pemerintah dalam hal perunggasan.

"Kami BEM UI bersama peternak mandiri, berjuang demi kedaulatan pangan, karena Peternak rakyat mandiri sebagai anak kandung negeri ini yang seharusnya dilindungi negara," tegasnya.

Sementara itu, Peternak Ayam asal Jawa Timur Fathoni menuturkan bahwa pihaknya menginginkan Kepres Perlindungan Peternak Rakyat Mandiri bukan Surat Edaran Cutting DOC yang kembali diterbitkan oleh Kementerian Pertanian RI.

"Peternak Ayam Mandiri semenjak 12 tahun lalu selalu dirugikan, kami ingin menuntut diterbitkannya Kepres untuk melindungi keberadaan kami bukan SE Cutting DOC" pungkasnya.

Diketahui, rencana aksi yang akan digelar Senin besok (11/10/2021) di Jakarta akan melibatkan massa dari peternak dan mahasiswa yang berasal dari Jabodetabek Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sebagai bentuk solidaritas peternak ayam.

Artikel Asli