Dirjen Bina Pemdes Tinjau Pilkades di Kabupaten Tangerang

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:21
Dirjen Bina Pemdes Tinjau Pilkades di Kabupaten Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memantau langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 77 desa di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten pada Ahad (10/10).

"Dari pengamatan kita melalui laporan, berikut instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemkab Tangerang bawah sudah ada kesesuaian dan konsistensi antara laporan dengan di lapangan," ujar Yusharto saat memantau pilkades di Desa Bojongkamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Ahad.

Menurut dia, pada pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Tangerang saat ini, sudah sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020, di mana penerapan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan dengan baik dan ketat.

"Tadi kami diskusi juga bersama ketua KPPS di tingkat desa, yang mana sudah menyampaikan imbauan dari jauh-jauh hari terkait pilkades ini agar melaksanakan protokol kesehatan," tutur Yuharto.

Dia menuturkan, untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihannya pada pilkades mencapai sekitar 90 persen. "Tinggal menunggu sekitar 40 orang lagi dari 11 TPS di Desa Bojong Kamal, Legok, Tangerang ini," ujar Yusharto.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang sudah bekerja dengan baik, sehingga pada pilkades di tengah pandemi Covid-19 berlangsung tertib dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kemudian, di TPS juga kita bisa menyaksikan ada gerai vaksinasi Covid-19, di mana sudah memvaksinasi kurang lebih belasan orang. Dan ini mudah-mudahan akan diikuti oleh warga sekitar untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah," kata Yusharto.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berharapl, pelaksanaan pilkades serentak di 77 desa di Kabupaten Tangerang, dapat berjalan dengan baik dan aman sampai hasil penghitungan dan penetapan pemenang. Dia mengatakan, nantinya untuk proses pengamanan surat suara pilkades tersebut dikawal oleh tim pengamanan dari aparat TNI/Polri.

Sehingga nantinya dapat berjalan dengan aman dan tertib. "Pelaksanaan pilkades di 77 desa saat ini berjalan dengan baik. Mudah-mudahan nanti sampai selesai bisa berjalan baik juga," ucap Zaki.

Artikel Asli