Pengertian Menolong Agama Allah dalam Alquran

republika | Nasional | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:15
Pengertian Menolong Agama Allah dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di dalam Alquran Surah Muhammad Ayat 7, dijelaskan bahwa orang yang menolong agama yang diridhoi Allah, maka Allah akan menolong orang tersebut. Dalam ayat ini Allah hendak menguji kesungguhan hamba-Nya berjuang membela dan menegakkan ajaran agama Islam, karena sebenarnya Allah Yang Maha Kuasa tidak membutuhkan pertolongan siapapun.

Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS Muhammad: 7)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, ayat ini mengandung makna, wahai orang-orang yang beriman, yang percaya kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengamalkan tuntunan-Nya. Jika kamu menolong agama Allah dengan berjihad memperjuangkan kebenaran di jalan Allah, niscaya Dia akan menolongmu menghadapi berbagai kesulitan, dan niscaya Dia akan menolongmu menghadapi berbagai kesulitan serta meneguhkan kedudukanmu, sehingga kamu dapat mengalahkan musuh-musuhmu. Itulah janji Allah untuk mendorong mereka yang beriman agar tidak segan dalam berjihad di jalan Allah.

Melalui ayat ini, Allah menyeru orang Mukmin, jika mereka membela dan menolong agama-Nya dengan mengorbankan harta dan jiwa, niscaya Ia akan menolong mereka dari musuh-musuhnya. Allah akan menguatkan hati dan barisan mereka dalam melaksanakan kewajiban mempertahankan agama Islam dengan memerangi orang-orang kafir yang hendak meruntuhkannya. Sehingga agama Allah itu tegak dan kokoh.

Artikel Asli